dr. Cahyo: Segera Coba Camilan Kenyal Satu Ini Yang Dapat Mengontrol Gula Darah Serta Turunkan Risiko Komplikasi

Camilan Kenyal Yang Dapat Mengontrol Gula Darah
buah kolang kaling
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ada salah satu camilan kenyal yang ternyata dapat mengontrol gula darah serta menurunkan risiko komplikasi.

Dokter Cahyo Purnomo menjelaskan manfaat luar biasa dari camilan kenyal satu ini yang ternyata sangat baik untuk penderita diabetes.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Camilan kenyal yang dimaksud yaitu adalah buah kolang kaling, di mana sering kita jumpai ketika memasuki bulan ramadan.

Dibalik teksturnya yang kenyal dan rasanya yang segar, ternyata buah kolang kaling bisa menjadi pilihan camilan untuk penderita diabetes.

Berikut manfaat buah kolang kaling untuk penderita diabetes seperti dikutip dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES.

1. Membantu Mengontrol Gula Darah

Disebutkan dr. Cahyo bahwa kolang kaling termasuk makanan yang aman bagi penderita diabetes.

Di mana kolang kaling memiliki indeks glikemik yang rendah dan beban glikemik yang rendah pula.

Tidak hanya itu saja, kolang kaling juga rendah kalori, rendah karbohidrat, rendah lemak, dan tinggi serat. Sehingga kolang kaling bisa dimanfaatkan sebagai makanan tambahan agar penderita diabetes tetap kenyang saat berusaha mengurangi konsumsi nasi.

Jika penderita diabetes mengurangi konsumsi nasi, diharapkan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh bisa dikurangi, sehingga gula darah dari penderita diabetes bisa terkendali.

2. Menurunkan Risiko Terjadinya Komplikasi Akibat Diabetes

Sudah disebutkan oleh dr. Cahyo bahwa buah kolang kaling memiliki indeks glikemik yang rendah, beban glikemik rendah, dan tinggi kandungan serat. Maka kolang kaling bermanfaat menurunkan gula darah penderita diabetes.

Selain itu kandungan lemak yang rendah dan itupun didominasi oleh lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan, ditambah dengan kandungan serat yang tinggi, maka akan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada penderita diabetes.

Kolang kaling juga tinggi kandungan kalium yang bermanfaat membantu mengontrol tekanan darah dari penderita diabetes.

Manfaat dalam mengontrol gula darah, mengontrol kadar kolesterol jahat, dan tekanan darah, maka kolang kaling dapat bermanfaat bagi penderita diabetes untuk menurunkan risiko terjadinya komplikasi akibat diabetes.

Tetapi perlu diingat walaupun kolang kaling dapat bermanfaat untuk penderita diabetes, bukan berarti kolang kaling bisa untuk mengobati diabetes sampai sembuh.

Kolang kaling bisa dijadikan camilan dan makanan tambahan yang dikonsumsi saat antara makan pagi dan makan siang, yaitu pukul 09.30 pagi.

Kemudian bisa pula dikonsumsi antara makan siang dan makan malam sekitar pukul 15.30 atau di malam hari sekitar pukul 21.00.

Terpenting adalah jangan menambahkan pemanis dan santan saat mengkonsumsi kolang kaling, dan jangan dijadikan kolak.

Walaupun kolang kaling bisa bikin kenyang, tetapi jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat utama dengan porsi yang dibatasi dan lebih sedikit daripada takaran sayur.

Itu lah tadi manfaat buah kolang kaling bagi penderita diabetes yang telah dijelaskan oleh dr. Cahyo. Semoga informasi tersebut bermanfaat.***

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *