Pembunuhan Berencana

Pembunuhan Berencana
KH Luthfi Bashori
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: KH Luthfi Bashori

Hajinews.id – Tertera dalam KUHP pasal 340, pasal Pembunuhan Berencana, “Barangsiapa sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana (moord), dengan pidana mati atau pidana seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun.”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam hadits disebutkan, Rasulullah SAW bersabda: “Setiap dosa ada harapan mendapat ampunan Allah kecuali (dosa) orang yang mati dalam keadaan musyrik, dan (dosa) orang yang membunuh orang mukmin secara sengaja.” (HR. Imam hakim melalui Sahabat Muawiyah).

Semua dosa ada harapan akan diampuni oleh Allah SWT kecuali dosa mempersekutukan Allah SWT dengan sesuatu, seperti yang telah dijelaskan dalam firman-Nya yang artinya: “Sesungguhnya Allah akan mengampuni dosa-dosa selain dosa syirik, bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya” (QS. An-Nisa: 16).

Dosa lain yang tidak diampuni oleh Allah SWT, ialah dosa membunuh seorang mukmin dengan sengaja, karena Allah SWT telah berfirman dalam Alquran yang artinya: “Dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan adzab yang besar baginya” (QS. An-Nisa: 93).

Menurut para ulama mufassirun ada dua tafsiran pada ayat ini, maksudnya yang terkait apakah hukuman pembunuh berencana terhadap sesama muslim itu akan selama-lamanya di neraka?

  1. Jika sang pembunuh itu merasa tidak bersalah atas perbuatannya, hingga meyakini bahwa perbuatannya itu terhitung halal, maka ia akan dimasukkan ke dalam neraka selama-lamanya dan tidak akan diangkat ke surga, jadi dihukumi seperti hukumnya orang kafir/musyrik.
  2. Jika ia bertobat dan menyesal atas perbuatannya, maka sekalipun akan dimasukkan ke dalam neraka, namun suatu saat ia akan diampuni dan diangkat dari neraka untuk dimasukkan surga.
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *