Politik Identitas? Aya Aya Wae

Politik Identitas
Politik Identitas/ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Orang-orang Budha yang hampir semuanya warga keturunan China, satu etnis dengan Ahok, 100 persen pilih Ahok-Djarot. Mereka kompak. Ini sah-sah saja. Inilah demokrasi. Harus dihargai. Kenapa lu sewotnya sama Anies?

Dari data ini, kenapa bukan Ahok yang lu soal dengan politik identitas, tapi Anies. Priwe rika sih. Kacau!

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Coba kita lihat data pemilih berlatar belakang etnis. Orang keturunan China yang pilih Ahok-Djarot itu 86,5 persen. Yang pilih Anies-Sandi itu cuma 3,8 persen. Begini, lu masih mau bilang politik identitas ke Anies? Siapa yang lebih kuat identitasnya bro? Anies atau Ahok?

Bagi pendukung Anies, kagak ada masalah dengan data itu. Ini demokrasi bung. Terserah orang mau pilih pemimpin berdasarkan agama atau keturunan, silahkan aje. Dan data sosiologisnya itu jelas. Terang benderang. Kagak bakal disoal.

Kalau lu bicara, pakai data dong. Kalau lu mau ngeshare, lihat datanya dulu dong. Mau nuduh, pakai data dong. Jangan ngasal. Malu-maluin banget.

Tuduhan politik identitas, kagak berdasar. Babar blas. Sama sekali. Tapi, namanya juga benci, kagak bisa dinasehati. Kagak bisa ditegur. Kagak bisa dikasih data. Kagak bisa mikir bener.

Seperti pemabuk, dibilang jangan mabok. Mabok itu merusak badan. Tetap aja bilang, mabok itu keren. Mabok itu modern. Mabok itu metropolis. Pokoknya, bener aja deh. Yang lain salah, die bener sendiri. Namanya juga pemabok.

Begitulah gambaran orang yang di hatinya udah penuh dengan rasa benci. Ya kayak pemabok itu. Hilang kesadaran.

Bangun bro. Buka kesadaran lu. Tuh dilihatin dan ditungguin malaikat.

Depok, 11/10/2022

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *