Buya Yahya: Penghuni Alam Kubur Bisa Mendengar Kita Ketika di Ziarahi

Penghuni Alam Kubur Bisa Mendengar
Buya Yahya. Foto:ilustrasi/hajinews.id
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Masih menjadi pertanyaan, apakah saat melakukan ziarah ke kubur langkah dan doa kita bisa didengarkan oleh penghuni alam kubur?

Buya Yahya menjawab, masalah orang mati mendengar orang yang masih hidup hampir disepakati namun memang ada perbedaan karena sebagian mengatakan tidak mendengar. Tapi kata Buya Yahya Nabi Muhammad SAW pernah menyeru waktu selesai perang badar.Nabi Muhammad menyeru, ‘Ya Abu Jahal’ dan seterusnya orang-orang yang dipanggil oleh Rasulullah SAW.Sampai syaidina Umar mengatakan, ‘Ya Rasulullah mereka tidak mendengar, mereka sudah mati’, dan Rasulullah menjawab ‘Engkau tidak lebih mendengar daripada kami’, ini artinya mereka mendengar.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Selain itu, kita Kata Buya Yahya saat melakukan ziarah kubur kuta disunnahkan mengucapkan Assalamualaikum.

“Nah berarti ini mengisyaratkan bahwa mereka mendengar salam kita,” jelas Buya Yahya dalam ceramahnya, disadur dari Youtube Zafran Alfariqi.

Dalam hadits juga kata Buya Yahya, pernah diceritakan ada orang mengubur dia akan mendengar terompah kaki berjalan disaat meninggalkannya.

Selanjutnya, tempat alam barzah itu bukan dikubur kata Buya Yahya. Kubur itu hanya untuk tempat menyimpan jasadnya seorang manusia.

Alam barzah menurutnya, merupakan alam lain dan bukanlah alam kubur.

“Digambarkan dia sudah alam, jadi alam alam barzah, alam rahim, alam dunia dan ada alam akhirat nanti,” kata Buya Yahya.

Alam barzah dan alam dunia perbandingannya seperti alam rahim dan alam dunia. Alam barzah itu besar.

Tanpa perlu melakukan ziarah pun kata Buya Yahya doa yang dipanjatkan tetap sampai.

Nabi Muhammad pun tidak pernah melarang umatnya untuk melakukan ziarah kubur.

“Ziarahlah kubur kalian kata Nabi, karena dengan berziarah maka engkau akan diingatkan tentang akhirat,” terang Buya Yahya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *