Jangan Sampai Terlambat! Ini Persiapan Menghadapi Resesi 2023: Pekerjaan Sampingan hingga Dana Darurat 

Menghadapi Resesi 2023
Menghadapi Resesi 2023. Foto: ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Anda bisa mengalokasikan pengeluaran utama untuk membeli kebutuhan pokok seperti sembako, listrik hingga air. Hal tersebut tentu akan sangat berdampak pada gaya hidup.

Selain itu, Anda juga harus mengurangi hal-hal konsumtif seperti berbelanja ataupun rekreasi. Dengan begitu dana Anda tidak akan terpangkas sia-sia dan bisa ditabung sebagai dana cadangan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

5. Perluas Koneksi

Ketika menghadapi masa krisis, tak ada salahnya jika Anda memperluas koneksi dengan orang baru. Karena memiliki banyak koneksi akan lebih menguntungkan, ketika Anda dalam masa resesi ini.

Terlebih jika Anda berencana untuk mencari pekerjaan baru ataupun membangun sebuah bisnis. Memperluas koneksi juga harus selektif, sangat disarankan untuk membangun relasi dengan orang yang benar-benar memiliki spesialisasi berbeda.

6. Tingkatkan skill untuk mencari pemasukan tambahan

Salah satu dampak dari timbulnya resesi adalah maraknya pemutusan hubungan kerja atau PHK. Maka dari itu, untuk berjaga-jaga ketika resesi, alangkah baiknya mulai dari sekarang Anda meningkatkan skill untuk dapat menambah penghasilan.

7. Cari Pekerjaan Sampingan

Persiapan menghahadapi resesi yang bisa Anda lakukan adalah mencari pekerjaan sampingan. Anda dapat memanfaatkan waktu luang untuk mendapat penghasilan atau pemasukan tambahan melalui pekerjaan sampingan. Misalnya, Anda bisa membuka jasa titip,  menjadi reseller, personal assistant, penulis lepas, ataupun pekerjaan sampingan lainnya.

Demikian tadi beberapa persiapan menghadapi resesi 2023 yang dapat Anda lakukan agar kondisi finansial Anda tetap aman. Semoga bermanfaat!

banner 800x800