Untuk Milenial, Ini 20 Tips Mengelola Keuangan Biar Makin Kaya

Tips Mengelola Keuangan
Tips Mengelola Keuangan. Foto: ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Cermat Terhadap Belanja Pengeluaran yang Kecil Sekalipun

Jika menyangkut pengeluaran  uang dalam jumlah besar dan dalam hal investasi, orang akan cenderung berhati-hati.  Namun, seringkali mereka kurang berhati-hati pada saat belanja keperluan-keperluan yang kecil.  Belanja kecil ini jika dikumpulkan dan dijumlahkan tentu menjadi tidak sedikit. Jika ingin kaya, kamu tidak akan melakukan hal yang tidak masuk di akal, tetapi akan secara bijak menggunakan uang.

Belanja sesuai Kebutuhan, Bukan untuk Gengsi

Semua orang tentu akan senang dengan pujian. Namun jangan sampai kamu termakan oleh pujian yang berlebihan dan akhirnya menjadi candu untuk selalu mengharapkan pujian. Menghambur-hamburkan uang demi mendapatkan pujian dan gengsi semata bukan lah cara berpikir yang bijak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ikuti Training Sesering Mungkin

Namanya bekerja, pasti ada rasa lelah. Namun, apa salahnya memanfaatkan sedikit waktu istirahat untuk mengikuti training seputar mengelola keuangan. Tujuannya agar pikiran terbuka dan kamu berani memulainya sejak sekarang.

Ilmu yang didapatkan tidak hanya berguna saat ini, tapi juga di kemudian hari. Makin sering diasah, makin tajam pula ilmu tersebut.

Dari training juga, kamu bisa memperluas jaringan pertemanan untuk menciptakan peluang yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Mulai dari fisik, ilmu, dan pertemanan, semuanya berjalan berkesinambungan untuk kebaikan diri sendiri.

Ubah Lingkup Pergaulan

Lingkungan pergaulan sangat berpengaruh terhadap kebiasaan dan cara mengelola keuangan. Jika setiap saat dikelilingi orang boros, kamu pun akan ikut-ikutan boros. Membelanjakan uang seenaknya tanpa pertimbangan.

Rencana untuk menambah kekayaan yang selama ini dilakukan akan sia-sia. Makanya pilihlah pergaulan yang pas, yang bisa membuat kamu semakin maju. Sebab, bergaul dengan orang yang sama-sama ingin kaya membuat kamu semakin semangat untuk menambah kekayaan.

Fokus untuk Jangka Panjang

Cara berpikir orang kaya adalah untuk jangka panjang. Tujuan jangka panjang merupakan motivator paling efektif, karena mampu membuat kamu menahan diri demi tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, tidak mudah tergiur pada saat ada diskon besar-besaran di mal atau di supermarket dan memilih untuk tidak menuruti keinginan hati untuk belanja karena sedang rajin menabung untuk membayar DP rumah.

Mendapatkan sesuatu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi ada sejumlah pengorbanan yang harus dilakukan. Sama halnya saat ingin menambah kekayaan, kamu harus mengorbankan kebiasaan hangout atau leha-leha dengan teman sepulang kantor agar keuangan lebih terkontrol. Untungnya, pengorbanan tersebut membuahkan hasil yang baik untuk kehidupan Anda, jadi jangan ragu apalagi takut untuk selangkah lebih maju dalam hal finansial.

banner 800x800