Ampuh Bikin ‘Plong’ Pernapasan, Ini 10 Makanan Pembersih Paru-paru

Makanan Pembersih Paru-paru
Makanan Pembersih Paru-paru. Ilustrasi: Paru-paru/unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idParu-paru termasuk salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk diperhatikan kesehatannya. Organ ini menjadi tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida saat seseorang bernapas.

Kesehatan saluran pernapasan tentu saja amat penting untuk diperhatikan. Mengingat, paru-paru menjadi tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida. Tak sedikit yang bertanya-tanya, adakah cara alami yang bisa dicoba untuk membersihkan paru-paru?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jika paru-paru terkontaminasi partikel tidak sehat atau racun, ini bisa menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan dan penyakit pernapasan lainnya.

Diketahui, penyakit pada saluran pernapasan bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti polusi, radikal bebas, hingga rokok. Hal ini kerap membuat pernapasan terasa berat atau ngos-ngosan.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan paru-paru agar tetap sehat. Bagi perokok, tentu saja langkah pertamanya adalah dengan berhenti merokok. Sembari itu, terdapat sejumlah makanan yang diyakini bisa membantu membersihkan paru-paru:

10 Makanan Pembersih Paru-paru

  1. Paprika

Ternyata kandungan vitamin C pada paprika mampu meningkatkan fungsi paru-paru. Dikutip dari Healthline, dengan mengkonsumsi satu paprika merah berukuran sedang (119 gram) bisa memberikan 169 persen asupan vitamin C yang dibutuhkan.

Untuk perokok, dengan mengkonsumsi makanan ini bisa menambah 35 mg vitamin C per harinya.

  1. Madu

Makanan manis ini ternyata bisa bermanfaat untuk membersihkan paru-paru. Sifat antibakterinya membantu mengurangi masalah pernapasan.

Dikutip dari Times of India, ini membantu membersihkan saluran udara dan menjaga kesehatan paru-paru. Caranya bisa dengan melarutkan sesendok madu ke dalam air hangat.

Cara ini bisa bermanfaat untuk membersihkan paru-paru dan membantu meredakan pilek serta batuk.

  1. Kunyit

Salah satu bahan dapur ini juga bisa menjadi makanan pembersih paru-paru. Kandungan antioksidan serta anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, senyawa aktif kurkumin dalam kunyit juga bisa meningkatkan fungsi paru-paru.

  1. Tomat

Berdasarkan penelitian pada tahun 2017, mengkonsumsi tomat bisa mengurangi peradangan saluran pernapasan bagi penderita asma. Selain itu, ini juga meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

Manfaat ini bisa didapatkan karena tomat mengandung vitamin C yang cukup banyak, kaya akan likopen, serta antioksidan karotenoid.

  1. Apel

Buah apel mengandung antioksidan, termasuk kandungan flavonoid dan vitamin C. Ini membuat apel disebut sebagai makanan yang bisa mengurangi risiko asma dan kanker paru-paru.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *