Wagub Sampaikan Selamat Kafilah Jateng

Wagub Sampaikan Selamat Kafilah Jateng
Kafilah Jawa Timur Juara MTQ Nasional XXIX Kalimantan Selatan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



BANJARBARU, Hajinews.id – Meski baru berhasil masuk sepuluh besar, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, menyampaikan selamat dan penghargaan kepada kafilah Jateng yang telah berlaga di arena Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX di Kalimantan Selatan, semalam.

Ucapan yang sama juga disampaikan Ketua Umum MUI Jateng KH Ahmad Darodji menanggapi kafilah Jateng yang belum berhasil masuk peringkat lima besar. ‘’Kami menyampaikan selamat. Baik qari-qariah, hafidz-hafidzah, mufasir-mufasirah bersama pelatih dan pendamping yang telah berusaha maksimal di arena MTQ Nasional,’’ kata Kiai Darodji.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Usai menghadiri penutupan MTQ XXIX di Astaka Utama, Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Gus Yasin yang juga Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Jateng itu menyampaikan apresiasi atas raihan prestasi tersebut. Dia juga meminta maaf kepada seluruh warga Jawa Tengah apabila hasilnya dirasa masih belum maksimal.

“Kami memohon maaf, sudah berusaha maksimal dan berikhtiar. Nanti kita evaluasi kembali agar ke depan Jateng bisa lebih baik lagi peringkatnya baik MTQ maupun STQ,” kata Taj Yasin.

Wagub menambahkan, Kafilah Jateng harus menjadi lebih baik pada MTQ berikutnya. Hal itu diperlukan lantaran Provinsi Jawa Tengah yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional di tahun 2024 mendatang.

Pekerjaan Rumah

Gus Yasin menilai masih banyak yang menjadi pekerjaan rumah bagi Jateng. Menurutnya selain mempersiapkan kafilah, lokasi, dan sarana penunjang lainnya juga perlu dipersiapkan. Selain itu, tandasnya harus ada sinergi antara LPTQ provinsi dengan LPTQ kabupaten/kota. “Ada waktu dua tahun untuk menyiapkan segalanya sampai 2024,” tandasnya.

Kiai Darodji mengatakan, dalam waktu dekat LPTQ Jateng akan melakukan evaluasi pelaksanaan MTQ Nasional. Dia menyarankan agar segera menjadwalkan studi banding ke LPTQ Jawa Timur yang berhasil menjadi juara umum MTQ Nasional untuk kali ketiga.

Dalam upacara penutupan MTQ Tingkat Nasional XXIX di Kiram Park Kalimantan Selatan, Ketua Dewan Hakim Prof Dr KH Said Aqil AlMnawar mengumumkan Provinsi Jawa Timur sebagai juara umum.

Kafilah Provinsi Jawa Timur menjadi juara umum dengan raihan nilai 87, disusul Provinsi DKI Jakarta dengan nilai 66. Sementara posisi ketiga diraih tuan rumah, Provinsi Kalimantan Selatan, dengan nilai 62. Urutan keempat ditempati Jawa Barat (43). Kelima dan seterusnya berturut-turut Sumatera Barat (35), Sumatera Utara (22), Kepulauan Riau (20), Sumatera Selatan dan Aceh (12), Jambi (8) dan Jawa Tengah (7).

Jawa Tengah menempatkan tiga finalis yaitu Ilyas Saputra cabang tartil putra, Muhammad Mas’ud cabang Qiraat Mujawwad Dewasa putra dan Risa Raudlotul Jannah cabang Kaligrafi Hiasan Mushaf Putri. Selain tiga finalis Jateng mendapatkan dua juara harapan yaitu cabang Tafsir Indonesia putru Siti Mas’udah dan cabang Kaligrafi Kontemporer putra Umar Faruq. Bulan lalu Mas’ud mewakili Indonesia dalam MTQ Internasional di Turki.

Kafilah Jateng Rabu kemarin dipimpin Sekretaris Umum LPTQ Jateng Afief Mundzir dan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Jateng Wahid Arbani telah kembali ke Semarang. Dalam penerbangan Banjarbaru-Semarang tampak Prof Dr Ahmad Rofiq, beberapa anggota DPRD Jateng Zen Adv, Masruhan Syamsuri dan Endrianingsih.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *