Humor Gus Dur: Presiden Jarang Pakai Sepatu

Presiden Jarang Pakai Sepatu
Gus Dur: Foto/ilustrasi: ist/hajinews.id
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idKH Abdurrahman Wahid merupakan Presiden keempat Indonesia yang dikenal dengan berbagai humornya yang membuat banyak orang terpingkal-pingkal.

Sebelum menjadi Presiden, pria yang akrab disapa Gus Dur itu sempat meragukan dirinya menjadi pemimpin bangsa gegara kemampuannya memakai sepatu. Loh kok bisa?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pada 1996, para kiai kompak bertanya tentang kesiapan Gus Dur menjadi presiden. “Wong pakai sepatu saja saya bubulen (bisulan), gimana bisa jadi presiden wong kemana-mana pakai sandal,” jawab Gus Dur.

Benar saja saat terpilih menjadi presiden pada 1998, seorang kiai mendekati Gus Dur dan bertanya, “Bagaimana Gus, sekarang sudah bisa pakai sepatu?”

Tentu saja Gus Dur sudah menyesuaikan diri dengan jabatan formalnya. Namun, hobi putra Menteri Agama era Presiden Soekarno, KH Wahid Hasyim ini untuk menghindari sepatu berhasil dimanfaatkan sang sahabat, KH Mustofa Bisri alias Gus Mus.

Saat berkunjung ke Istana Negara, kiai asal Rembang, Jawa Tengah ini sempat ditahan oleh Paspampres di pintu penjagaan. Pasalnya, ia memakai sandal.

“Kalau saya dilarang masuk saya akan protes. Wong presidennya jarang pakai sepatu!” elak Gus Mus.

Para penjaga istana pun tak kuasa mengelak. Gus Mus diperkenankan masuk dan menemui Presiden Gus Dur.

Diadaptasi dari buku Ger-Geran Bersama Gus Dur: Edisi Spesial Mengenang Gus Dur karya Hamid Basyaib (2010).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *