Peringatan Hari Santri, Gus Yahya: Bukan Balas Jasa Negara ke NU

Peringatan Hari Santri
Santri mengikuti apel dan doa memperingati Hari Santri Nasional di Kudus, Jawa Tengah, Sabtu 22 Oktober 2022. Foto: ist
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



“Karena yang berjasa mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia bukan generasi masa kini, bukan kita, melainkan para pahlawan agung dari Generasi 1945 lalu,” kata Gus Yahya dalam keterangannya, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Menurut Gus Yahya, Hari Santri Nasional adalah peringatan untuk jasa dan keteladanan bagi para pahlawan secara umum. Ia mengajak seluruh masyarakat benar-benar memahami, menghayati, dan menegakkan hari santri sebagai harinya seluruh bangsa Indonesia tanpa terkecuali.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hari Santri Nasional dirayakan sebagai momentum mengenang kepahlawanan segenap-bangsa indonesia, bukan hanya satu kelompok tertentu saja,” kata Gus Yahya.

Penetapan hari santri sejak Oktober 2015

Penetapan Hari Santri Nasional ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tertanggal 15 Oktober 2015. Gus Yahya menyebut penetapan Hari Santri Nasional berdasarkan Peringatan 70 Tahun Resolusi Jihad yang diabadikan sebagai penghormatan jasa para ulama.

Kakak kandung Yaqut Cholil Qoumas ini turut menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Hal itu Gus Yahya sampaikan saat menggelar Apel Nasional Hari Santri 2022 di Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur.

“Kita berterima kasih kepada pemerintah kepada Presiden Joko Widodo yang telah menetapkan hari santri sebagai salah satu hari nasional. Sebagai penghormatan atas jasa para pahlawan dari kalangan para kiai dan para santri,” kata Gus Yahya

Gus Yahya menerangkan upacara tersebut diikuti oleh seluruh Pimpin Cabang Nahdlatul Ulama dan Pimpinan Wilayah NU se-Indonesia dari daerah mereka masing-masing, baik melalui daring atau secara langsung. Gus Yahya mengklaim ada 528 titik yang menggelar apel serentak itu dan diikuti oleh sebanyak setengah juta lebih santri untuk memperingati Hari Santri Nasional.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *