Warren Buffett: Janganlah Bekerja untuk Uang karena Anda Akan Terjebak di Duniawi

Janganlah Bekerja untuk Uang
Warren Buffett. Foto/ilustrasi: ist
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



“Anda harus tetap berada dalam apa yang saya sebut lingkaran kompetensi Anda. Anda harus tahu apa yang Anda mengerti dan apa yang tidak,” katanya suatu kali.

“Tidak terlalu penting seberapa besar lingkaran itu. Tetapi sangat penting bagi Anda untuk mengetahui di mana batasnya,” tambahnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

4. “Harga adalah apa yang Anda bayar. Nilai adalah apa yang Anda dapatkan.”

Seringkali, kita terlena dengan harga sesuatu yang murah. Tetapi kita melupakan satu hal – kita membelanjakan uang untuk apa yang murah, tetapi berinvestasi untuk apa yang baik.

Hampir selalu, uang yang dihabiskan untuk sesuatu yang murah tenggelam. Tetapi uang yang dihabiskan untuk sesuatu yang dapat diandalkan – meskipun sedikit mahal – umumnya memberikan pengembalian atau return. Oleh karena itu, disebut investasi.

Jadi carilah dasar-dasar yang sehat. Untuk berhasil sebagai investor, Ben Graham menyarankan, bangun kemampuan untuk memperkirakan nilai bisnis yang sebenarnya, atau “nilai intrinsik”, yang mungkin sepenuhnya terpisah dari harga pasar sahamnya.

Nilai intrinsik bisnis dapat diperkirakan dari laporan keuangannya – neraca dan laporan laba rugi.

Tetapi jangan berinvestasi pada nilai yang meningkat di pasar. Bandingkan rasio P/E perusahaan dengan kategori, penilaian pasar dengan nilai buku, dan ambil keputusan yang tepat.

5. “Jauh lebih baik untuk membeli perusahaan yang hebat dengan harga yang wajar daripada perusahaan yang bagus dengan harga yang luar biasa.”

Menurut Warren Buffett, jika Anda membeli saham dengan harga yang cukup rendah, biasanya akan ada beberapa hambatan bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan yang layak.

“Meskipun kinerja bisnis jangka panjang mungkin buruk, kecuali Anda adalah likuidator, pendekatan semacam itu untuk membeli bisnis adalah hal yang bodoh,” tulis Warren Buffett pada tahun 1989.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *