Pengamat Menilai Peluang Anies di Pilpres 2024 Bakal Berat Kalau Pilih Aher Atau AHY

Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin menilai bahwa Anies Baswedan justru akan berat untuk memenangi Pilpres 2024 jika berpasangan dengan Ahmad Heryawan (Aher) atau Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Anies disarankan mencari figur yang bisa mendongkel elektabilitas.

“Saya sih melihat memang agak berat kalau Anies itu cawapresnya AHY atau pun Aher. Ini pertarungannya tidak mudah tidak sederhana. Jadi iya harus dicari cawapres yang memang punya elektabilitas yang tinggi,” ucap Ujang Komarudin, Rabu (26/10/2022).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ujang berpandangan jika Aher maupun AHY saat ini belum cukup kuat untuk mendampingi Anies Baswedan bertarung untuk Pilpres 2024 mendatang. Meski kedua tokoh dianggap punya peluang, tapi untuk membawa kemenangan dianggap berat.

“Peluang menangnya itu agak berat yang harus dipertimbangkan. Karena bagaimanapun cawapres Anies harus memiliki elektabilitas tinggi agar memperkuat elektabilitas Anies agar bisa menang melawan capres cawapres lawan politik lainnya,” ujarnya.

Ujang menyarankan agar Anies mencari sosok lain sebagai cawapresnya. Menurutnya, figur cawapres itu harus bisa menambal apa kekurangan yang dimiliki oleh Anies.

Telebih harus bisa mendongkel elektabilitas Anies yang kekinian dalam setiap hasil survei selalu masuk dalam urutan tiga besar.

“Figurnya yang harus bisa mengisi kekosongan Anies menambal bolong-bolong Anies dan bisa meningkatkan elektabilitas Anies jadi menambah kekuatan elektabilitas,” tuturnya.

“Jadi kalau elektabilitasnya misalkan di 50 persen ya cawapresnya harus tinggi juga karena standar pertarungan di Pilpres itu kan elektabilitas jadi kalau rendah ya sulit untuk bisa memenangkan pertarungan,” tambahnya.

Sementara itu tim kecil bentukan NasDem, Demokrat dan PKS kian intens melakukan pertemuan dalam penjajakan koalisi yang lebih serius. Kekinian mereka mulai membahas siapa calon pendamping Anies Baswedan untuk Pilpres 2024.

Ketua DPP NasDem, Willy Aditya dalam keterangannya menyampaikan bahwa tim kecil hari ini tengah berkumpul. Mereka melakukan pertemuan di kediaman Anies Baswedan, calon presiden usungan NasDem.

Berdasarkan pantauan dari keterangan foto yang diterima, terlihat perwakilan NasDem ada Ketua DPP Sugeng Suparwoto dan Willy Aditya. Sementara dari PKS ada Wakil Ketua Majelis Syura M Sohibul Iman serta dua Kepala Staf Presiden PKS Pipin Sofian dan Juru Bicara M Kholid PKS.

Partai Demokrat mengirim dua perwakilan, yaitu Iftitah dan Waketum Benny Kaharman. Sementara Anies Baswedan hadir sendiri didampingi Sudirman Said selaku naradamling atau liaison officer (LO).

“Dalam suasana santai diskusi tim kecil terus berlanjut mematangkan agenda yang pembahasan terkait wapres pendalaman kriteria dan mekanismenya,” ucap Willy.

Dari pertemuan tersebut, diketahui tim kecil belum menemui kata sepakat atau titik temu tentang siapa yang akan mendampingi Anies sebagai cawapres.

Belum ditemukannya kata sepakat itu karena masing-masing partai memiliki pandangan yang berbeda tentang sosok cawapres yang tepat.

“Pembahasan terjadi secara dinamis dan alot karena NasDem menyerahkan pada capres dan PKS mengusulkan Ahmad Heryawan dan PD menawarkan AHY,” tandas Willy.

Sumber: Suaracom

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *