Ingin Hidup Penuh Berkah? Segera Amalkan Doa Hari Jumat Berikut Ini

Amalkan Doa Hari Jumat
Amalkan Doa Hari Jumat. Foto/ilustrasi: unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idHari Jumat merupakan hari besarnya umat Islam yang bisa diibaratkan sebagai hari raya atau hari kemenangan umat Islam.

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengamalkan doa hari Jumat berkah, yang akan diulas pada artikel yang dirangkrum dari berbagai sumber berikut ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bagi umat Islam hari Jumat adalah hari yang istimewa dan penuh berkah. Keistimewaan hari Jumat lainnya adalah hari terbaik matahari terbit, hari dimana Adam diciptakan, hari dimana Nabi Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga, serta tidak akan terjadi kiamat kecuali di hari Jumat.

Amalan yang dapat Anda lakukan di Hari Jumat antara lain;

  • Memperbanyak dzikir pagi dan sore, dzikir setelah shalat.
  • Membaca surat Yassin dan As-Saffat
  • Memperbanyak shalawat,
  • Mengamalkan surat Al-Kahfi,
  • Bersedekah di waktu shubuh,
  • Memperbanyak amalan lainnya,

Selain itu, bagi kaum muslimin yang akan melaksanakan sholat Jumat terdapat sunnah melakukan beberapa amalan yaitu dengan membaca doa untuk hari jumat berkah.

Sebelum pergi ke masjid hendaknya mandi Jumat, memakai pakaian terbaik, dan memakai minyak wangi. Saat di masjid hendaknya tidak duduk memeluk lutut, sholat sunah sebelum khatib naik mimbar, dan melaksanakan sholat sunah setelah sholat Jumat.

Selain melakukan amalan baik, lengkapi hari Jumat Anda dengan membaca doa. Berikut ini doa hari Jumat penuh berkah latin dan artinya.

Doa Status Hari Jumat

  • Jumat adalah hari terbaik untuk berbuat baik. Namun, jangan pernah menunggu hari yang baik untuk berbuat baik. Selamat Hari Jumat
  • Tidak ada hari yang seindah hari Jumat. Tidak ada kata lain selain kenangan. Dan tidak ada ibadah selain shalat.
  • Lupakan aktivitas Anda sejenak. Sekarang saatnya menghadap kiblat. Pria sejati suka pergi salat Jumat.
    Jumat Agung. Banyak yang mengatakan bahwa hari Jum’at adalah hari yang penuh berkah karena pahala yang berlipat ganda bagi yang beribadah. Selain itu jika disertai dengan dzikir dan sedekah. Semoga kita semua menjadi muslim yang istiqomah. Selamat hari Jum’at untuk saudara-saudaraku semua.
  • Jum’at memang hari yang agung, maka mohon ampun jika masih banyak dosa. Dan tempatkan pencipta Anda di tempat yang paling mulia. Lupakan urusan duniawimu, karena Allah telah mengatur yang terbaik untuk umat-Nya.

Keutamaan Hari Jumat

Dalam Islam, terdapat hari yang dispesialkan bagi umat muslim, yaitu hari Jumat. Hari jumat merupakan hari yang penuh dengan keberkahan dan rezeki sebabnya dianjurkan untuk membaca doa hari Jumat penuh berkah.

Mengutip dari merdeka.com melansir dari laman jatim.nu.or.id, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin Ubadah dalam hadist berikut.

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya qurban dan hari raya fitri. Di dalam Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahmi. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung, dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.”

Dari hadist berikut dapat menjelaskan bahwa Allah SWT menciptakan hari jumat dan diturunkan didalamnya berbagai perisitiwa bersejarah. Untuk mengenali keutamannya, berikut adalah keistimewaan hari jumat dan peristiwanya.

  1. Lebih mulia dan agung daripada Hari Raya Idul Adha dan Hari Raya Idul Fitri.
  2. Hari penciptaan Nabi Adam AS dan keluarnya Nabi Adam AS dari syurga.
  3. Wafatnya Nabi Adam AS.
  4. Hari terjaganya seseorang yang meninggal dunia dari fitnah kubur.
  5. Harinya haji orang orang yang fakir,
  6. Terjadinya hari kiamat.

Doa Hari Jumat

Ada beberapa doa di Hari Jumat yang paling dianjurkan untuk di baca sebagai doa di pagi hari Jumat pagi.

1. Doa Hari Jumat Shalawat

“Bismillahir rahmaanir rahiim, Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin wa aali Muhammad.”

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.”

2. Doa Jumat Memohon Ampunan

“Alhamdulillaahil awwali qablal insyaai wa ihyaa wal-aakhiri ba’da fanaail asy-yaai al-‘aliimil ladzii laa yansaa man dzakarahu walaa yanqushu man syakarahu walaa yakhiibu man da’aahu walaa yaqtha’u rajaahu.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah Yang awal sebelum penciptaan dan penghidupan, Yang akhir setelah punah semua. Yang Maha Tahu Yang Tak Melupakan orang yang mengingat-Nya, Yang Tidak Merugikan orang yang mensyukuriNya. Yang Tidak mengecewakan orang yang memohon padaNya, dan Yang tidak memutus harapan orang yang mengharapkanNya.”

3. Doa Jumat Keberkahan

“Allaahumma innii usyidhuka wa kafaa bika syahiidaa usy-hidu jamii’a malaaikatika wa sukkaana samaawaatika wa hamlata ‘arsyika wa man ba’atsta min anbiyaaika wa rusulika wa ansya’ta min ashnaafi khalqika.”

Artinya: “Ya Allah, aku mintakan kesaksianMu dan cukuplah Engkau sebagai saksi, aku mintakan kesaksian seluruh malaikatMu penghuni LangitMu. Dan pemikul ArasyMu serta yang Kau bangkitkan sebagai nabi dan rasulMu dan dari berbagai makhlukMu yang Kau ciptakan.”

4. Dzikir Hari Jumat

“Inn asyhadu annaka Antallhu l ilha ill Anta wahdaka l syarkalaka wal khulfa liqawlika wal tabdla wa anna muhammadan shallallhu ‘alaihi wa lihi ‘abduka wa rasluka add m hammaltahu ilal ‘ibdi wa jhada fillhi ‘azza wa jalla haqqal jihdi wa anhu basysyara bim huwa haqqun minats tsawbi wa andzara bim huwa shidqun minal ‘iqbi.”

 Artinya: “Aku bersaksi bahwa sesungguhnya Engkau Allah tiada Tuhan kecuali Engkau Tunggal tak berserikat dan Tak bertara firmanMu tak berubah dan tak berganti, dan sesungguhnya Muhammad SAW hambamu dan RasulMu. Ia penuhi apa yang Kau bebankan padanya untuk semua hamba, ia berjihad di jalan Allah dengan jihad yang sebenarnya. Ia memberi kabar gembira tentang pahala yang sejati, ia mengancan dengan siksa yang sesungguhnya.”

5.  Doa Jumat Memohon Ampunan

“Allhumma tsabbitn ‘al dnika m ahyaytan wal tuzigh qalb ba’da idz hadaytan wa bahl milladunka rahmatan innaka Antal Wahhb shalli ‘al muhammadin wa ‘al li muhammad, waj’aln min atbihi wa sy’atihi wahsyurn f zumratihi wa waffiqn liadi fardhil jumu’ti wa m awjabta ‘alayya fh minath th‘ti wa qasamta liahlih minal ‘athi f yaumil jaz’ innaka Antal ‘Azzul Hakm.”

Artinya: “Ya (Tuhanku) Allah, teguhkanlah aku pada agamaMu selama Kau hidupkan Aku. Janganlah gelincirkan hatiku setelah Engkau memberiku petunjuk, karuniakanlah padaku rahmat dari sisiMu, sungguh Engkau Maha Pemberi. Sampaikanlah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya, jadikanlah aku dari pengikut dan golongannya, kumpulkan aku pada kelompoknya. Bimbinglah aku untuk melaksanakan kewajiban Jumat yang Kau wajibkan atasku untuk aku taati. Dan Kau bagikan karunia pada hari pembalasan pada orang yang layak menerimanya. Sungguh Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

6. Doa Keberkahan di Hari Jumat

“Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah.”

Artinya: “Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *