Tegas! PKS Tak Akan Masuk Kabinet Jokowi Sampai 2024: Kami Tetap Oposisi

Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid (foto istimewa)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Isu PKS mendapat tawaran masuk dalam kabinet pemerintahan Presiden Jokowi mencuat di tengah isu reshuffle. PKS disebut-sebut sudah bertemu Jokowi di istana.

Namun, Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid, menepis kabar tersebut. Dia juga menegaskan sikap PKS sudah jelas sebagai oposisi hingga 2024.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Saya kok malah baru dengar isu itu ya? Siapa yang menyebar? DPP PKS pasti mengikuti keputusan Majelis Syura PKS, apalagi terkait dengan koalisi, yang kewenangan penentuannya ada di Majelis Syura,” kata HNW kepada kumparan, Kamis (27/10).

“Keputusan Majelis Syura terakhir PKS tetap oposisi, berada di luar kabinet (sampai 2024).”

Wakil Ketua MPR itu mengatakan belum ada lagi rapat Majelis Syuro maupun Badan Pekerjanya (DPTP PKS) yang membuat keputusan baru soal posisi PKS di kabinet.

“Saya sebagai Wakil Ketua Majelis Syura, saya menegaskan bahwa keputusan Majelis Syura tetap, tidak berubah, berada di luar kabinet, untuk menguatkan demokrasi melaksanakan amanat rakyat dan menaati keputusan Majelis Syura seperti di atas,” tegas anggota DPR asal DKI itu.

Ketua Polhukam DPP PKS Al Muzammil Yusuf

Hal senada disampaikan Ketua Polhukam DPP PKS Al Muzammil Yusuf. Muzammil mengatakan sikap PKS jelas sesuai dengan keputusan Majelis Syura yakni berada di luar pemerintahan. Dia menepis spekulasi PKS bisa masuk kabinet Jokowi.

“Keputusan Majelis Syura PKS sebagai lembaga tertinggi partai pada Pilpres 2019 belum ada perubahan. Bahwa PKS akan berperan aktif bersikap kritis dan konstruktif di luar pemerintahan,” kata Muzammil.

Muzammil menuturkan, pilihan oposisi ini merupakan keniscayaan demokrasi. Tujuannya, agar ada check and balances terhadap jalannya pemerintahan.

“Perubahan sikap PKS harus melalui putusan Majelis Syura berikutnya. Sampai sekarang belum ada,” tegasnya.

Sumber: kumparan

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *