Didapuk Jadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Inilah Sejarah dan Fakta Menarik Negara Muslim dan Kaya Qatar

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Sejarah dan fakta menarik Qatar, negara muslim terkaya dunia mulai menjadi perhatian publik. Sebab, negara ini akan menjadi tuan rumah dari pagelaran Piala Dunia 2022.

Sebelum dikenal seperti sekarang, Qatar memiliki sejarah panjang yang mampu membuat kagum setiap orang yang mengetahuinya. Bagaimana sejarah dan fakta menarik yang ada di Qatar? Ini penjelasannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sejarah dan Fakta Menarik Qatar, Negara Muslim Terkaya Dunia
Qatar adalah yang terletak di semenanjung Persia di Teluk Arab. Negara ini memiliki sejarah yang cukup panjang hingga akhirnya bisa merdeka.

Serupa dengan Indonesia, Qatar juga memiliki masa prasejarah. Di masa itu, penghuni di Qatar hidup dengan berpindah-pindah (nomaden) dan juga hidup menetap.

Saat nomaden, orang purba Qatar menjadikan Qatar sebagai tempat singgah untuk berburu dan memancing. Namun, ketika masa menetap, manusia purba Qatar mulai mendirikan tempat tinggal dan memproduksi komoditasnya sendiri.

Qatar sebelumnya masuk dalam kekuasaan Turki Utsmaniyah. Namun, Turki Utsmaniyah kalah dalam Perang Dunia I sehingga Qatar pun jatuh ke tangan Inggris.

Selama berada di kekuasaan Inggris, Qatar dijadikan wilayah untuk tempat perdagangan atau transit sebelum menuju India. Namun, berkaca dari India yang berhasil merdeka, Qatar pun termotivasi untuk memerdekakan negaranya sendiri.

Inggris pada saat itu setuju jika Qatar ingin memerdekakan negaranya. Namun, ada syarat bahwa keuangan Qatar harus dikuasai oleh Inggris.

Dengan tegas, Qatar menolak hal tersebut. Kemudian, Qatar membentuk Federasi Arab Teluk. Hingga akhirnya pada 1971 Qatar berhasil mendapatkan kemerdekaannya sendiri secara penuh.

Qatar saat ini memiliki populasi sekitar 250.000 penduduk asli dan 1,5 juta penduduk asing. Sebagai negara penghasil minyak dan produsen minyak terbesar ketiga di dunia, Qatar berhasil memiliki pendapatan tahunan yang luar biasa.

Awalnya, bidang perekonomian Qatar bergerak dalam perikanan dan mutiara. Namun rupanya mereka kalah saing dengan Jepang. Akhirnya Qatar pun mencari cara lain untuk dapat keuntungan, yakni dengan mengembangkan industri minyak dan gas.

Benar saja, industri ini akhirnya berhasil membuat Qatar menjadi negara terkaya di dunia. Sumber daya alam ini pertama kali ditemukan pada 1940.

Hingga saat ini, pemasukan utama Qatar berasal dari ekspor minyak dan gas bumi. Titik balik Qatar terjadi dalam bidang sumber daya minyak bumi yang dimilikinya. Dengan adanya sumber daya alam itu, Qatar dapat berkembang hingga saat ini dan mampu menekan angka kemiskinan.

Fakta Menarik Qatar sebagai Negara Muslim Terkaya Dunia
1. Penghasil Minyak Bumi Terbesar
Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa Qatar sebagai penghasil minyak bumi terbesar. Bahkan dalam sejarah, Qatar mampu bangkit dari kemiskinan berkat minyak bumi tersebut.

Minyak bumi dan gas alam di Qatar memang menjadi salah satu kuncian perekonomian. Tercatat, cadangan minyak mencapai 15 miliar barel dan gas alam lebih dari 7.000 km3 sehingga menjadikan Qatar sebagai pengekspor minyak bumi terbesar di dunia.

TAG :

2. Pernah Diboikot oleh Negara-Negara Teluk
Qatar pernah mengalami masa-masa yang cukup sulit meskipun banyak kekayaan yang ada di negaranya. Pada 5 Juni 2017, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Qatar.

Negara-negara ini menuduh Qatar mendukung gerakan terorisme, memicu gangguan stabilitas kawasan dan berusaha untuk meningkatkan hubungan dengan Iran.

Qatar pun menolak klaim tersebut dan menyatakan tidak menyanggupi untuk memenuhi desakan yang ada. Qatar mengalami blokade ekonomi. Meskipun begitu, Qatar tetap bertahan dengan cadangan devisa yang berlimpah dari ekspor gas.

3. Bahan Bakar Mudah dan Murah
Sebagai negara penghasil minyak bumi, Qatar menjual bahan bakar minyak dengan harga yang murah. Bahan bakar di negara ini memang cukup mudah untuk ditemukan. Hal tersebut memang menjadi salah satu faktor kemakmuran yang diberikan kepada warga negara Qatar.

4. Bebas Pajak
Qatar terkenal sebagai negara yang kaya raya, hal ini dapat dibuktikan dengan pembebasan pajak penghasilan kepada warganya. Di Qatar, tidak ada pajak penghasilan yang harus dibayar karena negara ini sudah berkecukupan.

Itulah sejarah dan fakta menarik Qatar, negara muslim terkaya dunia. Dengan sejarah panjangnya, semoga bisa menginspirasi kita semua untuk terus berjuang ya!

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *