Masya Allah, 13 Hal yang Dapat Menerangi Seseorang di Alam Kubur

Menerangi Seseorang di Alam Kubur
Menerangi Seseorang di Alam Kubur. Foto/ilustrasi: kuburan/unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



  1. Membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 40 kali

Beberapa amalan lainnya yakni dengan memperbanyak surat Al ikhlas menjelang sakaratul maut. Dan dianjurkan untuk membaca sebanyak 40 kali.

Hal tersebut dijelaskan oleh Busyrol Karim, Syekh Said bin Muhammad Ba’asyin, “seorang muslim yang membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 40 kali menjelang kematian maka akan terhindar dari siksa kubur. Ia juga aman dari himpitan kubur dan malaikat dengan telapak tangannya akan membawanya menyeberangi jembatan hingga ke surga”.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

  1. Ada dua kalimat yang ringan diucapkan namun berat dalam timbangan amal kedua kalimat itu yakni tasbih ” Subhanallah Wabihamdihi Subhanallah Al Adzim”.

Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah bahwa, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda, ” dua kalimat ringan di lisan berarti timbangan dan disukai yang maha pengasih ar-rahman yaitu, Subhanallah Wabihamdihi Subhanallah Al Adzim. (HR. Bukhari).

Dengan memperbanyak bacaan tasbih artinya kecintaan kita kepada Tuhan semakin dekat tekan kasih sayangnya hal tersebut yang mampu mendapatkan penerangan di alam kubur kelak.

  1. Melaksanakan haji dan umroh.

Amalan lainnya yang mampu menjadi penerang manusia ketika di alam kubur yaitu, adalah melaksanakan ibadah haji ataupun umrah.

Hal tersebut telah disebutkan dalam hadits yang diterangkan oleh Ibnu Katsir Al Qurthubi yang dikomentari oleh Ibnu Taimiyah dan bahwa salah satu penyebab terangnya alam kubur seseorang, yakni dengan melaksanakan ibadah haji ataupun umroh dalil tersebut sudah menguatkan kesahihannya.

  1. Doa sapu jagat kebaikan dunia dan akhirat

” Ya Robb kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka”. ( QS. Al-Baqarah 201).

  1. Doa selamat dari siksa neraka

“Ya Rabb Kami sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan Dia.

Dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim sebagai penolong pun”. (QS. Ali Imron : 192).

  1. Doa diwafatkan bersama orang-orang yang baik

Berdoalah, ” Ya Rabb Kami, sesungguhnya Kami mendengar seruan yang menyeru kepada iman, yaitu berimanlah kamu kepada Rabbmu.

Maka kami pun beriman. Ya Robb kami ampunilah bagi kami dosa-dosa kami Dan hapuskanlah kami dari kesalahan-kesalahan dan mewafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti ( QS. Ali Imran : 193)”.

  1. Doa minta tidak dihinakan di hari kiamat

Selanjutnya berdoalah, Ya Rabb Kami, berikanlah Kami apa yang telah Engkau janjikan kepada Kami dengan perantara rasul-rasul Engkau, dan janganlah Engkau hinakan kami di hari akhirat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji” ( QS Ali Imran :194).

Demikianlah 13 amalan penerang kubur yang bisa dikerjakan agar terhindar dari siksaan alam kubur dan dilapangkan kuburnya ketika meninggal dunia. Semoga bermanfaat.***

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *