Duh, Ramai-ramai Media Asing Sorot Ekonomi RI, Ada Apa?

Foto: REUTERS/Bob Riha, Jr.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Perekonomian Indonesia pada kuartal III-2022 mampu tumbuh di atas ekspektasi. Produk Domestik Bruto (PDB) nasional berhasil mencetak pertumbuhan 5,72%, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Data otoritas statistik juga menunjukkan, ini merupakan kali empat secara beruntun dalam empat kuartal terakhir, pertumbuhan ekonomi nasional berhasil tumbuh di atas angka 5%. Ini semakin menunjukkan prospek cerah perekonomian nasional.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tingginya angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pasca pandemi dan di tengah situasi global yang makin tak menentu ini membuat sejumlah media asing memberikan perhatian lebih, apalagi angka pertumbuhan kemarin merupakan yang tertinggi selama satu tahun ke belakang.

Agence France Press (AFP) beberapa waktu lalu mempublikasikan pemberitaan dengan judul “Pertumbuhan Q3 Indonesia Meningkat tetapi Tetap di Bawah Perkiraan”. AFP menyoroti perekonomian Indonesia yang dianggap menunjukkan kinerja lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dalam pemberitaan tersebut, AFP menyebutkan hal ini terjadi karena di periode yang sama tahun lalu Indonesia tengah memberlakukan pengetatan mobilitas seiring adanya gelombang kasus COVID-19 varian delta.

Namun, AFP menekankan bahwa angka ini masih di bawah perkiraan. Sebelumnya, Firma Riset memperkirakan pertumbuhan yang jauh lebih tinggi sebesar 7,5% untuk kuartal tersebut sementara ekonom lainnya memperkirakan pertumbuhan menjadi sekitar 5,9%.

Hal yang sama juga disoroti Reuters, dalam beritanya yang berjudul “Indonesia Mencatat Pertumbuhan Ekonomi Tercepat dalam Lebih Dari Setahun, Prospeknya Tidak Pasti”, media ini mengungkapkan bahwa pencapaian Indonesia di angka 5,72% tersebut masih di bawah perkiraan dari jajak pendapat ekonom Reuters sebelumnya yang memperkirakan akan ekspansi di angka 5,89%.

Kedua media ini membeberkan alasan kenaikan pertumbuhan ekonomi ini dibanding tahun lalu, yakni karena didorong oleh ekspor dan konsumsi domestik yang kuat. Ekspor telah menyumbang sekitar seperempat dari produk domestik bruto.

Dengan tidak memperhitungkan faktor musiman, PDB naik 1,81% dari tiga bulan sebelumnya, di atas perkiraan kenaikan 1,62% dalam jajak pendapat.

Reuters menambahkan pertumbuhan ekonomi ini juga didukung oleh peningkatan investasi dan pengeluaran pemerintah, konsumsi swasta yang tetap kuat, dan pengeluaran pemerintah yang menyusut lebih lambat.

Kendati demikian, kedua media ini memperingati Indonesia terkait pergeseran tantangan yang tengah dihadapi saat ini. Meskipun saat ini ekspor Indonesia melonjak, pembatasan COVID-19 dicabut dan kedatangan wisatawan terus berlanjut, namun perang Rusia Ukraina dan dampak dari pandemi telah memicu kekhawatiran akan resesi global.

Kedua media ini mengutip proyeksi dari ekonom senior Asia di Capital Economics Gareth Leather yang mengungkapkan bahwa pertumbuhan stabil Indonesia dalam menghadapi tantangan ekonomi global saat ini diperkirakan akan berhenti pada bulan-bulan mendatang.

“Kami memperkirakan harga komoditas yang lebih rendah, kebijakan moneter yang lebih ketat dan inflasi yang meningkat akan menyeret pertumbuhan selama kuartal mendatang,” tulis Reuters.

Lebih lanjut, para analisis mengungkapkan meskipun terjadi kenaikan ekspor Indonesia saat ini, namun ke depan mereka memperkirakan Indonesia akan mengalami kesulitan ekspor, harga komoditas turun kembali dan pertumbuhan global terus melambat. Mereka juga menilai bahwa kebijakan fiskal ketat yang diberlakukan akan membebani permintaan.

Sumber: cnnindonesia

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *