PD IPHI Makassar Gelar Simposium di Hotel Aston

Dokumen IPHI
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Ketua Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Makassar, DR Ir. Hj. Apiaty K. Amin Syam, membuka simposium dengan tema “Peran Strategis IPHI dalam Kebangkitan Ekonomi Ummat” Selasa (8/11/2022) di Hotel Aston Lantai 18, Jalan St Hasanuddin Makassar.

Kegiatan diskusi publik itu menampilkan dua narasumber, masing-masing, DR. H. Syahruddin Yasen, MM dan DR Ir. Hidayat Marmin, MT,IAI, Rektor Universitas Pebabri, diikuti 15 utusan pengurus IPHI Kecamatan se-Kota Makassar.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam diskusi publik yang diketuai Drs. H. Andi Badi Sommeng berlangsung lancar dan antusias dari peserta.

Dikatakan, IPHI sebagai organisasi independen, berfungsi untuk menghimpun potensi haji, kali ini menggagas kegiatan diskusi publik untuk para anggotanya.

Dokumen IPHI

Dalam diskusi publik, bertindak sebagai pembicara I, Syahruddin Yasen menjelaskan, bahwa dalam ekonomi kapitalis dikendalikan oleh individu dan ideologinya pasti liberal.

Sementara ekonomi sosialis dikuasai oleh negara dan ideologinya komunis, makanya beliau mengarahkan untuk mengembangkan ekonomi syariah, tutur Syahruddin yang dikenal sebagai pengawas Bank Syariah Takalar dan dosen pada salah perguruan tinggi ternama di Kota Makassar.

Sementara itu, Hidayah Marmin dalam uraiannya menjelaskan, dengan perkembangan tekhnologi informasi, telah mempersempit ruang antara konsumen dan pelaku ekonomi, dan hal ini merupakan suatu ancaman di masa mendatang.

Pada akhir paparannya, Hidayah berkesimpulan, bagaimana membangunkan komitmen organisasi sosial terutama IPHI Kota Makassar,

Selanjutnya bagaimana upaya dalam meningkatkan ekonomi umat untuk memberantas kebodohan dan keterbelakangan, tuturnya.

Dokumen IPHI

Karena itu, anggota IPHI yang bergerak di bidang travel atau wirausaha mandiri, diharapkan mampu merebut pangsa pasar yang terbuka lebar.

Pada sesi tanya jawab peserta, umumnya mengharapkan bagaimana menjembatani agar peserta dapat bertemu dengan pihak Perbankan dan BAZNAS Kota Makassar, untuk saling bersinergi dalam mengembangkan potensi umat.

Sebelum penutup simposium, Ketua Pengurus Daerah IPHI, sepakat dengan peserta untuk mendatangkan pihak perbankan dalam pertemuan mendatang agar dapat bersinergi dengan pemilik UMKM termasuk BAZNAS Kota Makassar dibawah koordinasi Kesra.

Ibu Ketua IPHI Kota Makassar juga berjanji akan mengunjungi IPHI Kecamatan se Kota Makassar.

Empat orang Pengurus IPHI Kecamatan Tamalate, hadir pada pertemuan tersebut, masing-masing, H. Mustari, H. Syakhruddin.DN, H. Yusuf Alwi dan H. Tarhan, mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan, diadakan foto bersama dengan peserta. (sdn)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *