Selalu Sehat di Musim Hujan, Ini 7 Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Imun Tubuh

Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Imun Tubuh
Berolahraga. Foto: unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Sejumlah wilayah di Indonesia tengah dilanda musim hujan. Masyarakat perlu waspada agar terhindar dari penyakit-penyakit musim hujan yang mengintai.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menjalani beberapa kebiasaan baik yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Imun tubuh yang kuat bisa menjauhkan Anda dari ancaman penyakit musim hujan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Perlu diketahui, sistem kekebalan tubuh bekerja lebih lemah pada suhu yang dingin, seperti di musim hujan. Akibatnya, virus dan bakteri jadi lebih mudah menginfeksi.

Tak hanya itu, kehadiran banjir juga menjadi media penyebaran patogen yang lebih cepat.

Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama musim hujan.

Dokter umum dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Kristanti Diliasari menjelaskan 7 kebiasaan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit saat musim hujan. Berikut di antaranya.

  1. Menjaga pola makan

Asupan gizi yang seimbang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Memastikan asupan gizi harian dapat dilakukan dengan memperhatikan pola makan yang sehat dan tepat.

Anda perlu memastikan untuk mengonsumsi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, serta minum air yang cukup.

Penting untuk rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin B, vitamin C, seng, dan vitamin D.

“Anda juga perlu membatasi konsumsi gula, garam, dan minyak yang berlebih untuk lebih terjauh dari penyakit,” tulis Kristianti

Kristianti juga menyarankan untuk mengonsumsi probiotik seperti yogurt, tahu, tempe, atau fermentasi sayuran seperti acar untuk membantu menjaga kesehatan usus agar sistem pencernaan tetap lancar.

  1. Rutin berolahraga

Tak hanya dapat memperbaiki mood, sejumlah studi juga membuktikan bahwa berolahraga juga berperan dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. Rutin berolahraga jadi salah satu kebiasaan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Luangkanlah waktu sejenak untuk berolahraga secara rutin agar tubuh tetap hangat, sirkulasi darah lancar, dan massa otot tetap terjaga.

  1. Menjaga kualitas tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Mengutip jurnal dari National Sleep Foundation, Washington USA, rekomendasi waktu tidur per hari sesuai usia adalah:

  • 10-13 jam untuk anak usia 3-5 tahun,
  • 9-11 jam untuk anak usia 6-13 tahun,
  • 8-10 jam untuk anak usia 14-17 tahun,
  • 7-9 jam untuk dewasa 18-64 tahun,
  • 7-8 jam untuk usia lansia.
  1. Mengelola stres
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *