Memilukan, Ledakan di Istanbul Turki: Pelaku, Kronologi dan Jumlah Korban

Lokasi ledakan di Istanbul, Turki (Foto: RUETERS/KEMAL ASLAN)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Ledakan di Istanbul Turki mengegerkan dunia. Diketahui, insiden tersebut berlokasi di kawasan padat pejalan kaki. Beberapa orang dilaporkan tewas akibat ledakan di pusat kota Istanbul itu.

Lalu, bagaimana awal mula kejadian ledakan di Istanbul, Turki? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Awal Mula Ledakan di Istanbul Turki

Dilansir AFP, peristiwa ledakan terjadi di Istiklal Avenue, Istanbul, Turki pada Minggu (13/11/2022) sekitar pukul 16.20 WIB atau 13.30 waktu setempat. Berdasarkan rekaman video yang beredar di media sosial, awalnya lokasi kejadian sedang dipenuhi pejalan kaki.

Tiba-tiba, ada ledakan di tempat tersebut. Akibatnya, para pejalan kaki langsung berhamburan melarikan diri.

Korban Ledakan di Istanbul Turki: 6 Tewas, 53 Luka-luka

Dilansir CNN, Senin (14/11/2022), ada data terbaru soal jumlah korban ledakan di Istanbul, Turki. Berikut rinciannya.

 

6 orang tewas

– Empat orang meninggal di lokasi kejadian

– Dua orang meninggal di rumah sakit

81 orang luka-luka.

Proses evakuasi korban ledakan di Istanbul Turki. Insiden itu berlokasi di Istiklal, sebuah kawasan padat pejalan kaki. (Foto: RUETERS/KEMAL ASLAN)
Siapa Pelaku Ledakan di Istanbul Turki?

Presiden Turki Tayyip Erdogan sempat mengungkapkan jika ada temuan pelaku yang meledakkan bom di Istanbul, Turki. Pelaku ledakan bom itu adalah wanita.

“Temuan awal menunjukkan (di tengah) orang-orang yang melarikan diri dan sebagainya, seorang wanita telah berperan dalam ini,” ungkap Erdogan, seperti dilansir Turkish Presidency, Senin (14/11/2022).

Kemudian, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay telah memastikan jika pelaku dari ledakan di Istiklal, Istanbul, Turki adalah seorang wanita.

“Kami anggap seorang wanita, meledakkan bom itu,” kata Oktay, dikutip detikcom, Senin (14/11/2022).

Unsur Terorisme

Ledakan di Istanbul Turki merupakan aksi terorisme. Insiden ini telah menewaskan beberapa orang dan membuat puluhan orang terluka.

“Kami menganggapnya sebagai tindakan teroris sebagai akibat dari seorang penyerang,” ucap Wakil Presiden Turki Fuat Oktay, dikutip detikcom, Senin (14/11/2022).

Polisi Tangkap 1 Orang Terkait Ledakan Istanbul

Kepolisian Turki menangkap satu orang pasca ledakan di Istanbul Turki. Satu orang yang ditangkap itu diduga meninggalkan bom di area Istiklal sebelum ledakan terjadi.

Dilansir Reuters dan AFP, Senin (14/11/2022), penangkapan itu diumumkan oleh Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu dalam pernyataan kepada kantor berita Anadolu pada Senin (14/11/2022) waktu setempat. Tidak disebutkan identitas orang yang ditangkap dan lokasi penangkapan.

Dikutip dari Anadolu, Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag, menyebut seorang wanita terlihat duduk di salah satu bangku yang ada di lokasi selama lebih dari 40 menit. Kemudian, ia meninggalkan area tersebut sebelum ledakan terjadi.

Diduga, ledakan berasal dari sebuah bom yang dipasangi timer atau diledakkan dari jarak jauh.

Sumber: detikcom

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *