Subhanallah! Ini 11 Masjid Unik di Jawa Timur, Ada yang Berbentuk Seperti Perahu

masjid unik Jawa Timur
masjid unik di Jawa Timur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Masjid paling unik di Jawa Timur

Hajinews.idMasjid merupakan tempat peribadatan umat Islam. Selain sebagai tempat sembahyang, masjid juga kerap kali dijadikan sebagai opsi untuk beristirahat ketika perjalanan jauh sembari menunggu waktu salat ataupun juga sebagai tempat untuk melangsungkan ijab qabul bagi pengantin muslim.

Ada banyak sekali masjid yang dibangun dengan bangunan yang unik, indah serta megah. Tujuannya tentu saja agar masyarakat muslim semakin semangat untuk meramaikan masjid khususnya di waktu-waktu salat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Penasaran kira-kira ada masjid unik, indah dan megah apa saja yang ada di Jawa Timur? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Masjid termegah di Jawa Timur adalah Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dan menjadi masjid terbesar kedua di Indonesia setelah masjid Istiqlal di Jakarta. Uniknya, masjid ini memiliki 45 pintu dengan 90 daun pintu yang semuanya dibuat dari kayu jati dengan ukiran kaligrafi. Menara masjid ini memiliki ketinggian hingga mencapai 99 meter. 

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

2. Masjid Tiban Turen Malang ini bergaya khas Timur Tengah dengan menara-menaranya yang menjulang tinggi serta kubah berwarna-warni. Dalam setiap lorong masjid terdapat pemandangan yang berbeda-beda.  

Masjid Tiban Turen Malang

3. Masjid Namira merupakan masjid megah yang berlokasi di Lamongan. Kemegahan masjid ini kerap disamakan dengan hotel bintang lima. Di tempat imam, diletakkan sebuah kiswah ka’bah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi yang datang ke masjid ini. 

Masjid Namira Lamongan

4. Salah satu landmark di Madura adalah Masjid Jami’ Sumenep yang dibangun dengan sangat megah. Bangunan masjid ini dipengaruhi oleh beberapa kebudayaan yaitu Tiongkok, Eropa, Jawa dan Madura. 

Masjid Jami’ Sumenep

5. Tidak nampak seperti masjid pada umumnya, Masjid Cheng Ho merupakan masjid yang cukup unik dengan nuansa muslim Tionghoa. Bangunan masjid ini dibuat dengan memadukan gaya timur tengah sekaligus lokal Jawa namun tetap kental dengan Tionghoa. 

Masjid Cheng Ho Surabaya

6. Terinspirasi dari Masjid Cordoba di Spanyol, Masjid Jami’ Tuban memiliki bangunan yang cukup megah dan menawan. Saat malam hari, masjid ini akan menampilkan kilauan cahaya yang menarik. 

Masjid Agung Tuban

7. Masjid Aschabul Kahfi merupakan masjid yang ada di dalam gua. Perpaduan warna terang yang digunakan sebagai interior masjid ini akan terlihat sangat mencolok dan menarik. Ukiran kaligrafi yang dikombinasikan dengan aksara Jawa juga menghiasi masjid ini. 

Suasana dalam masjid Aschabul Kahfi

8. Perpaduan nuansa Jawa Kuno dan Arab Islami dapat dirasakan pengunjung kala memasuki Masjid Ampel Surabaya. Bangunan masjid yang sangat luas serta berada di lokasi wisata religi ini membuat masjid Ampel semakin menarik untuk dikunjungi. 

Masjid Ampel Surabaya
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *