Ini 7 Amalan Mulia yang dapat Memperbanyak Rezeki, Bersedekah hingga Beristighfar

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Diberikan kemudahan dan dilapangkan rezeki merupakan harapan setiap manusia.

Meski rezeki merupakan salah satu hal yang sudah ditentukan Allah SWT sejak sebelum manusia lahir, namun rezeki tidak datang sendiri jika kita hanya diam saja.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ada tiga macam rezeki yakni:

  1. Rezeki yang tanpa kita minta dan tanpa kita usahakan telah diberikan Allah SWT kepada kita.
  2. Rezeki yang kita peroleh melalui ikhtiar dan kerja keras.
  3. Rezeki yang diberikan Allah SWT yang tidak disangka-sangka.

Selain berdoa dan berusaha, umat muslim juga disarankan untuk melakukan beberapa amalan yang dapat memperlancar bahkan dapat mendatangkan rezeki yang berlimpah.

1. Bersedekah

Berbagi dengan mereka yang membutuhkan adalah perbuatan yang sangat mulia. Dengan berbagi, kita bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Sebagai imbalannya, Allah SWT membalas kita dengan memberikan pahala yang besar dan mengganti rezeki yang sudah kita sumbangkan dengan rezeki yang lebih besar. Selain rezeki, jika kita berbagi maka kita akan menerima doa para malaikat.

2. Salat Dhuha 12 Rakaat

Sholat dhuha memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk memperlancar rezeki.

Untuk itu, seorang muslim dianjurkan melaksanakan salat Dhuha 12 rakaat, supaya tidak kekurangan rezeki.

Melaksanakan salat Dhuha 12 rakaat dengan rutin setiap hari diyakini dapat mendatangkan rezeki berlimpah.

3. memperbanyak istighfar

Selain untuk meminta ampun kepada Allah SWT, beristighfar juga dapat mempermudah rezeki. Alquran sendiri telah menjelaskan khasiat dari memperbanyak istigfar. Allah SWT berfirman :

Artinya : “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS Nuh 10–12)

4. Berbakti kepada orangtua

Berbakti kepada kedua orangtua dapat mendatangkan keberkahan. Selain itu, dengan berbakti kepada kedua orangtua, Allah akan mempermudah jalannya rezeki.

“Siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambah rezekinya, maka hendaklah ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung silaturahim” (HR. Ahmad)

5. Memperbanyak zikir

Agar tidak sial, seorang muslim dianjurkan untuk membaca “Subhanallahi wabihamdihi” sebanyak 100 kali setelah salat Ashar.

Untuk mendapatkan keberuntungan, dilanjut dengan membaca “Subhanallahi wabihamdihi, Subhanallahil ‘adzim”, 100 kali secara rutin setelah salat Maghrib.

Selain setelah Ashar, zikir tersebut juga dianjurkan untuk dibaca 100 kali sebelum salat Subuh.

6. Menjalin silaturahmi

Ada banyak manfaat yang bisa dipetik dari menjalin hubungan baik dengan sesama manusia. Selain mendapat ridho Allah SWT dan mempererat tali persaudaraan, silaturrahmi juga bisa menambah rezeki.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasul shallallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahim.” (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Bertakwa dan bertawakkal.

Setelah melakukan amalan-amalan diatas, kita sebagai umat manusia disuruh untuk bertakwa dan bertawakkal kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman, “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah SWT nicaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar dari kesulitan, dan memberikan rezeki kepadanya dari jalan yang tidak pernah diduga. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Al-Thalaq [65]:2-3).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *