Hikmah Siang: Ancaman Menyelisihi Sunnah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Sunnah menurut ulama Salaf adalah petunjuk yang dilaksanakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam & para shahabatnya, baik tentang ilmu, i’tiqaad (keyakinan), perkataan maupun perbuatannya.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

فَلۡيَحۡذَرِ ٱلَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنۡ أَمۡرِهِۦٓ أَن تُصِيبَهُمۡ فِتۡنَةٌ أَوۡ يُصِيبَهُمۡ عَذَابٌ أَلِيمٌ

“Maka hendaklah orang-orang yang menyelisihi perintahnya (Rasul) takut akan mendapat cobaan atau ditimpa adzab yang pedih” (QS. An-Nur [24]: 63)

Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata:

“Maksudnya, (menyelisihi) perintah, jalan, manhaj, thariqah, sunnah, dan syariat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka dari itu, semua ucapan dan perbuatan wajib ditimbang dengan ucapan dan perbuatan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam; apabila sesuai dengan ucapan dan perbuatan beliau, diterima, dan apabila berbeda atau menyelisihinya, tertolak dan kembali kepada pengucap dan pelakunya, siapa pun dia”.

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda:

فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِى فَلَيْسَ مِنِّى

(01). “Maka barangsiapa yang tidak suka dengan sunnahku, maka ia tidak termasuk golonganku” (HR. Bukhari no. 5063 dan Muslim no. 1401, hadits dari Anas bin Malik)

ليس منا من تشبه بغيرنا

(02). “Tidak termasuk golongan kami siapa saja yang mengamalkan sunnah selain sunnah kami” (HR. At-Tirmidzi no. 2695, ad-Dailami dan ath-Thabrani dalam al-Kabiir, hadits dari Ibnu Abbas, lihat Shahiihul Jaami’ ash-Shaghiir no. 5439)

جُعِلَتِ الذِّلَّةُ وَالصَّغَارُ عَلَى مَنْ خَالَفَ أَمْرِي

(03). “Dijadikan kehinaan & kerendahan bagi orang yang menyelisihi perintahku…” (HR. Ahmad II/50, 92 dan Ibnu Abi Syaibah V/575 no. 98, hadits dari Abdullah bin Umar, lihat Irwaa-ul Ghaliil no. 1269)

Imam al-Albani rahimahullah berkata:

اعرف السنة تعرف البدعة، أما إذا عرفت البدعة فلا يمكنك أن تعرف السنة.

“Pelajarilah Sunnah, otomatis engkau akan mengetahui bid’ah, adapun jika engkau hanya mengetahui bid’ah, maka tidak mungkin bagimu untuk mengenal as-Sunnah” (Silsilah al-Huda wan Nur no. 715)

Ustadz Najmi Umar Bakkar حفظه الله

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *