Memahami Anies Baswedan dan Politik Identitas

Anies Baswedan dan Politik Identitas
Anies Baswedan dan Politik Identitas
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Sementara politik identitas adalah alat politik suatu etnis, suku, budaya, agama, atau lainnya, untuk tujuan tertentu. Misalnya, sebagai perlawanan atau alat untuk menunjukkan jati diri kelompok. Identitas dipolitisasi melalui interpretasi secara ekstrim yang bertujuan mendapat dukungan orang-orang yang merasa sama, baik secara ras, etnisitas, agama, maupun elemen perekat lainnya.

Politik identitas hadir sebagai narasi resistensi kelompok terpinggirkan akibat kegagalan narasi arus utama mengakomodasi kepentingan minoritas. Secara positif, politik identitas menghadirkan wahana mediasi penyuaraan aspirasi kelompok tertindas.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Anies baswedan diframing sebagai pengusung politik identitas sebagaimana yang dijelaskan di atas. Hal ini tak bisa dilepaskan dari kekalahan gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam kontestasi pilgub 2017. Di tengah kontestasi, sengaja atau tidak, Ahok membuat kesalahan yang tidak perlu ketika sebagai seorang non-Muslim berbicara tentang Surah Al-Maidah Ayat 51 yang terkesan pejoratif.

Ayat itu menyerukan kaum Muslim untuk tidak menjadikan non-Muslim sebagai pemimpin mereka. Ahok menganggap ayat itu merugikan dirinya meskipun lawannya Anies maupun AHY sama sekali tidak menggunakan kitab suci untuk menyerangnya. Ahok menganggap ayat yang merugikan dirinya itu sebagai pembodohan. Timbul polemik di kalangan Muslim sendiri terkait spirit ayat itu. Tapi MU

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *