12 Penyebab Jantung Bengkak, Bukan Hanya Karena Penyakit

Penyebab Jantung Bengkak
Penyebab Jantung Bengkak
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



  1. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi membuat jantung harus memompa lebih keras dari biasanya untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Hal ini menimbulkan ketegangan, otot jantung membesar, dan akhirnya memicu pembengkakan jantung.

  1. Tekanan darah tinggi di arteri paru-paru

Tak hanya di jantung, tekanan darah tinggi di arteri paru-paru juga bisa berujung pembengkakan jantung. Sebab, sama-sama membuat jantung bekerja lebih berat untuk memindahkan darah antara paru-paru dan jantung.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

  1. Darah rendah

Kondisi darah rendah atau anemia juga perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan pembengkakan jantung. Ketika anemia, penderita akan mengalami kekurangan sel darah merah atau berada di level yang rendah.

Akibatnya, kadar oksigen di dalam tubuh juga akan menurun karena minimnya darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini membuat jantung yang harus mengambil peranan untuk memompa lebih banyak darah, sehingga terjadi ketegangan dan pembengkakan.

  1. Gangguan tiroid

Gangguan tiroid atau kondisi ketika kelenjar tiroid kurang aktif (hipotirodisme) dan tiroid terlalu aktif (hipertirodisme) juga bisa membuat jantung jadi membesar.

  1. Terlalu banyak zat besi di tubuh

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk zat besi di dalam tubuh. Sebab, zat besi yang terlalu banyak di dalam tubuh berpotensi membuat zat ini mengendap di ruang jantung kiri bawah, sehingga bisa memicu pembengkakan.

  1. Endapan protein dan lemak di sekitar jantung

Endapan protein yang tidak biasa di jantung atau disebut amilodosis jantung dapat menimbulkan penebalan dinding jantung, sehingga jantung ikut membengkak. Tak hanya protein, lemak yang mengendap di sekitar jantung juga bisa memicu kondisi ini.

  1. Olahraga fisik terlalu berat

Olahraga fisik yang terlalu berat dan dilakukan secara rutin juga bisa membebani kerja jantung, sehingga ukurannya membesar. Hal ini biasanya terjadi di kalangan atlet, meski tidak selalu.

Deteksi Pembengkakan Jantung

Jika Anda mengalami gejala pembengkakan jantung, tidak ada salahnya melakukan deteksi pembengkakan tersebut. Tujuannya agar bisa menentukan penyebab pembengkakan secara akurat dan mendapat penanganan lebih cepat dan tepat sehingga dapat mengurangi risiko.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Artikel blognya menarik untuk diulas tentang penyebab jantung bengkak. Berbagai jenis penyakit terutama jantung sangat mempengaruhi kondisi kesehatan. Dokter Jantung terbaik untuk memberikan perawatan medis bagi penderita yang membutuhkan.