Fakta Menarik Gurun Sahara, Memiliki Iklim Paling Keras di Dunia

Fakta Menarik Gurun Sahara
Fakta Menarik Gurun Sahara. Foto: unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Biawak, unta, rubah, dan kijang hidup di Sahara

Gurun mungkin merupakan lingkungan yang sulit untuk dihuni manusia, tetapi banyak hewan yang tinggal di sini. Unta adalah hewan utama yang akan Anda lihat di Sahara, sebagian besar digunakan oleh manusia. Beberapa spesies satwa liar terkenal lainnya di Sahara termasuk rubah fennec, antelop addax, kijang Dorcas, dan cheetah Sahara. Anda bisa cukup beruntung jika melihat salah satu makhluk aneh ini selama perjalanan di gurun Sahara.

Tidak semuanya kering! Ada lebih dari 20 danau di Sahara

Semuanya adalah danau air asin, kecuali Danau Chad, yang merupakan satu-satunya danau air tawar di gurun pasir. Ada juga lebih dari 90 oasis di Sahara. Tapi karena mereka tersebar lebih dari 3,6 juta mil, kami tidak akan merekomendasikan untuk mencari air. Ini mungkin berjalan jauh!

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dulunya Dataran Hijau

Dulu subur dan hijau, rumah bagi berbagai tanaman dan hewan. Perubahan itu terjadi kira-kira 5000 tahun yang lalu, karena perubahan kemiringan bumi secara bertahap. Para ahli memperkirakan, di masa depan, beberapa titik di Sahara akan kembali hijau.

Gurun Terpanas

Sahara adalah gurun terpanas di dunia dengan salah satu iklim paling keras. Suhu rata-rata tahunan adalah 30°C, sedangkan suhu terpanas yang pernah tercatat adalah 58 derajat Celsius.

Daerah tersebut menerima sedikit curah hujan. Faktanya, setengah dari Gurun Sahara menerima kurang dari 1 inci hujan setiap tahun.

Meskipun banyak yang menganggap Sahara sebagai iklim yang selalu panas, namun suhu bisa menurun drastis saat malah hari. Bahkan, bisa mencapai titik terendah hingga 6°C. Ini terjadi karena kurangnya kelembapan di daerah tersebut.

FAKTA TAMBAHAN:

Setiap 41.000 tahun, Sahara berganti-ganti antara gurun dan padang rumput savana. Hal ini disebabkan oleh goyangan pada poros bumi saat berputar mengelilingi matahari, yang mengubah lokasi monsun Afrika Utara dan karenanya menyebabkan bentang alam Sahara mengalami perubahan drastis.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *