Dosa-dosa Penyebab Datangnya Bencana di Suatu Negeri

dosa Penyebab Datangnya Bencana
dosa Penyebab Datangnya Bencana. Foto: kolase gempa cianjur dan gunung semeru
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Tidaklah (suatu kaum) menahan zakat (tidak membayarnya) kecuali hujan dari langit akan ditahan dari mereka (hujan tidak turun), dan sekiranya bukan karena hewan-hewan, niscaya manusia tidak akan diberi hujan,“ (HR. Ibnu Majah)

7. Dosa karena membiarkan kemaksiatan terjadi padahal mampu mencegahnya

Bencana juga akan hadir di negeri yang penduduknya tidak melakukan kewajiban nahi mungkar, serta membiarkan perbuatan keji dilakukan tanpa mencoba mencegahnya sama sekali meskipun mereka memiliki kemampuan untuk mencegahnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tidaklah suatu kaum yang di tengah-tengah mereka dilakukan kemaksiatan, sedang mereka mampu mencegahnya, tetapi tidak mau mencegahnya, melainkan Allah akan menimpakan adzab secara merata kepada mereka,“ (HR. Abu Dawud)

Mengapa hal ini terjadi? Mengapa kita sebagai muslim tidak diperbolehkan membiarkan saudara kita yang lain berbuat kemungkaran?

Perumpamaan orang-orang yang menegakkan hukum-hukum Allah dan orang-orang yang melanggarnya bagaikan suatu kaum yang berbagi-bagi tempat di sebuah kapal, sebagian dari mereka ada yang mendapatkan bagian atas kapal, dan sebagian lainnya mendapatkan bagian bawahnya. Orang-orang yang berada di bagian bawah kapal, jika hendak mengambil air, melewati orang-orang yang berada di atas mereka. Mereka berkata, “Seandainya kita melubangi bagian kita dari kapal ini, niscaya kita tidak akan mengganggu orang-orang yang berada di atas kita.” Apabila mereka semua membiarkan orang-orang tersebut melaksanakan keinginannya, niscaya mereka semua akan binasa; jika  mereka mencegah orang-orang tersebut, niscaya mereka selamat dan menyelamatkan semuanya,“ (HR al-Bukhari).

8. Dosa mengumpulkan harta haram penyebab datangnya bencana

Selanjutnya, bencana banjir dan longsor akan datang pada orang-orang yang sibuk mengumpulkan harta haram yang diperoleh dengan cara yang tidak benar.

Barangsiapa mengumpulkan harta dengan tidak sewajarnya (tidak benar) maka Allah akan memusnahkannya dengan air (banjir) dan tanah (longsor),“ (HR. Al-Baihaqi)

Sahabat, semoga kita tersadar bahwa bencana yang menimpa suatu kaum sangat mungkin disebabkan dosa-dosa yang dikerjakan oleh kaum itu sendiri. Maka semoga kita tidak termasuk orang-orang yang menjadi penyebab turunnya bencana di negeri ini.

Di saat yang lain bekerja, belajar, dan beraktivitas dengan nyaman di tengah pandemi Covid-19, ada saudara kita yang kehilangan orang terkasih karena musibah dan bencana di Indonesia. Ternyata, perahu setiap manusia berbeda-beda. Tumbuhkan empati, mari berwakaf digital untuk saling bantu ringankan beban korban bencana.

banner 800x800