Manusia, Budaya dan Komunikasi

Budaya dan Komunikasi
Prof.Abd.Rasyid Masri, wakil ketua PINBAS MUI Sul Sel
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Prof.Abd.Rasyid Masri, wakil ketua PINBAS MUI Sul Sel

Hajinews.id – Salah satu kunci kesuksesan seorang politisi adalah penguasaan budaya dan komunikasi, kesuksesan seorang pebisnis kuncinya penguasaan budaya dan komunikasi, keberhasilan karir seseorang dalam profesi apa saja perlu menguasai ilmu komunikasi dan budaya dalam arti luas.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bahkan penulis berpendapat manusia yang tidak berbudaya dan tak mampu lagi berkomunikasi dengan diri, alam dan Tuhannya, sama saja telah mematikan hidupnya sebab hidup tanpa arti dan makna walau napasnya masih ada dalam tubuhnya namun hakikatnya sama dengan mati, kalaupun masih hidup tapi hidupnya tanpa arti dan makna.

Manusia, budaya dan komunikasi ketiganya terintegrasi jadi satu dalam hidup manusia, dimana manusia hidup memproduksi budaya, mengkonstruksi budaya, mewariskan budaya, tradisi dan nilai, tapi manusia dan budaya tak bisa berjalan tanpa komunikasi untuk bisa mengungkapkan makna dan arti budaya dan simbol-simbolnya. sebab budaya adalah alas landasan komunikasi.

Dalam hidup manusia kata Alo Liliweri bahwa dalam budaya ada sistem nilai dan dinamika proses yang mengatur bagaimana manusia satu dengan lainya bisa saling mengerti cara pertukaran simbol simbol komunikasi.

Maka budaya tak bernilai tanpa komunikasi dan tak bisa diwariskan karena lewat bahasa komunikasi, berproses menjadi sikap dan perilaku dalam dinamika hidup manusia

Secara pribadi sering penulis katakan kalau kita ingin sukses, apa mau jadi politisi yang hebat, mau jadi pebisnis yang sukses atau jadi mubalig, dan profesi lainnya kuncinya pahami budaya dan miliki kemampuan skill komunikasi yang baik

Politisi tanpa kemampuan komunikasi yang baik sulit untuk bisa meyakinkan orang lain, pebisnis tanpa kemampuan komunikasi pemadaran dengan baik sulit jadi pebisnis yang sukses dan begitupun profesi lainnya.

Kenapa manusia, budaya dan komunikasi jadi kunci super penting untuk di ketahui karena sangat menentukan untuk mengetahui siapa dan tentang apa tapi lebih dari itu sangat menentukan kelangsungan hidup manusia dan bagaimana komunikasi berlangsung.

Budaya begitu penting karena manusia memproduksi budaya dan budaya sangat menentukan bagaimana seseorang memahami pesan dan makna komunikasi serta tafsir tafsir simbolik dari suatu kobudayaan.

Seluruh prilaku dan nilai hidup manusia yang berproses adalah dijembatani jasa dari proses komunikasi  bahkan sebagian ilmuan komunikasi antar budaya menyimpulkan bahwa budaya dan komunikasi tak terpisahkan, maka manusia yang berpisah dari budaya dan komunikasi itu artinya hidupnya telah berakhir? Kalaupun masih hidup tapi hidup diruang yang hampa tanpa arti dan makna. wslm

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *