Refly Harun Bahas Pilpres 2024: Anies Bisa Menang Kalau Pemilu Jujur dan Adil

Pengamat politik dan ahli hukum tata negara, Refly Harun (antaral
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Pengamat politik dan ahli hukum tata negara, Refly Harun menyebut bahwa bakal calon presiden (bacapres) usungan Partai NasDem, Anies Baswedan bisa menang di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, apabila kontestasi lima tahunan itu digelar secara jujur dan adil.

“Tetapi sekali lagi, yang membuat seorang Anies Baswedan bisa menang kalau Pemilu-nya jujur dan adil,” ujarnya dalam kanal YouTube Refly Harun, dikutip Jumat (16/12/2022).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kalau Pemilu-nya kotor, itu agak susah,” paparnya.

Tak hanya berbicara soal Anies, dalam video berdurasi 35 menit itu, Refly juga menyoroti gaya berpolitik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang menurutnya hanya mengkritisi Anies Baswedan, namun tak berlaku sama terhadap pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Refly, selama 5 tahun belakangan, partai yang dipimpin oleh Giring Ganesha itu melemparkan kritiknya pada Anies melalui organ PSI maupun aktivis-aktivisnya yang tergabung dalam sebuah kanal di YouTube.

“Dan selama 5 tahun terakhir, hanya kerjanya yaitu mengkritik Anies Baswedan, baik langsung melalui organ PSI maupun melalui aktivis-aktivis PSI yang bergabung di sebuah kanal atau channel YouTube,” ungkapnya.

“Dalam beberapa hal saya setuju ya ketika mereka kritis dengan APBD misalnya, tetapi mereka tidak pernah kritis dengan pemerintahan, padahal the main problem of Indonesia itu ada di pemerintahan pusat, pemerintahan Presiden Jokowi,” lanjutnya.

“Tentu ada di pemerintahan lain ya, mungkin di DKI atau di daerah lainnya, tetapi mereka hanya mengkritik pemerintahan di DKI tapi tidak pernah di pemerintahan nasionalnya,” paparnya.

Dalam video yang diunggah, Refly Harun juga menyebut PSI sebagai partai anak muda yang aneh.

Pasalnya, mereka terlihat seolah seperti partai pemerintah dan yang mewakili pemerintah.

“Tapi yang jelas, political performance PSI sebagai partai anak muda itu terbilang, menurut saya, saya selalu mengatakannya aneh,” ujarnya.

Sumber: kontenjatim

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *