Angkat Trofi Piala Dunia 2022, Messi Memakai Jubah Bist, Pakaian Tradisional Arab, Ini Maknanya!

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Terdapat momen menarik saat perayaan juara Timnas Argentina di Piala Dunia 2022. Lionel Messi dipasangkan jubah Bisht oleh Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Seperti diketahui, gelar juara dunia ditandai setelah La Albiceleste menang pada partai final di Stadion Lusail, Doha, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Argentina mengalahkan Timnas Prancis lewat adu penalti dengan skor 4-2, setelah bermain imbang dengan skor 3-3 setelah 120 menit.

Lionel Messi mencetak dua gol pada menit ke-23 dan 108’. Satu gol tambahan dicetak Angel di Maria (32’). Sementara, tiga gol Timnas Prancis dicetak oleh Kylian Mbappe pada menit 80, 81, dan 118.

Momen menarik itu terjadi beberapa saat setelah Messi menerima medali emas di atas podium juara. Sebelum mengangkat trofi bersama timnya, Emir Qatar menyelendangkan kain transparan berwarna hitam dengan garis kuning yang menutupi sekujur tubuh Messi.

Sang bintang menerimanya dengan senyuman dan tampak gagah setelahnya. Dia pun tidak sabar mengangkat trofi yang diidamkan sejak kecilnya itu. Lantas, apa arti dari jubah Bisht?

Berdasarkan laman Arab News, Bisht adalah pakaian tradisional atau jubah panjang yang digunakan oleh kaum pria di Arab. Jubah ini dibuat dari bahan dasar benang wol atau sutera berwana cream, putih, coklat atau hitam.

Awalnya bisht hanya digunakan bangsa Arab pada musim dingin, tapi seiring berkembangnya zaman, Bisht kini menjadi pakaian kebesaran yang dikenakan untuk menghadiri acara formal.

Semakin ke sini, penggunaan Bisht semakin dihormati. Jubah ini bisa menunjukkan strata sosial menengah ke atas di kalangan bangsa Arab. Selain itu, Bihst juga biasanya hanya digunakan politisi, tokoh agama, atau pejabat di tanah Arab.

Artinya, pemasangan jubah kepada Messi menunjukkan hormat tinggi dari Emir Qatar. Ini juga beriringan dengan status Greatest of All Time (G.O.A.T) yang melekat di diri Messi.

Messi juga menuai banyak rekor di edisi Piala Dunia 2022 ini, dari pencetak gol terbanyak tim, peraih Golden Ball terbanyak, hingga Man of The Match terbanyak.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *