Tujuh Ikan Yang Tidak Boleh dimakan Penderita Kolesterol

Ikan Yang Tidak Boleh dimakan Penderita Kolesterol
ikan teri dan ikan tongkol
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idPenderita kolesterol harus memperhatikan pola makannya, salah satunya pemilihan jenis ikan.

Ikan memang dikenal sebagai sumber makanan berprotein tinggi, namun bukan berarti penderita kolesterol boleh mengonsumsi segala jenis ikan setiap hari. Karena beberapa ikan mengandung kolesterol tinggi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut American Heart Association, ikan memiliki banyak protein sehingga cocok untuk dikonsumsi sehari-hari. Padahal, disarankan untuk makan ikan setidaknya dua kali seminggu.

Meski berhubungan dengan kadar kolesterol, rata-rata kadar kolesterol pada ikan lebih rendah dibandingkan daging merah.

Namun, tak bisa dipungkiri masih ada ikan yang berkolesterol tinggi. Karena itu, Anda harus berhati-hati jika ingin mengonsumsinya, terutama pada penderita kolesterol.

Bukannya tidak boleh sama sekali, setidaknya penderita kolesterol lebih selektif memilih ikan mana yang kandungan proteinnya tinggi namun rendah kolesterol.

Cara lain, Anda juga bisa membatasi jumlah konsumsi ikan yang mengandung kolesterol per hari atau per minggu. Jangan sampai niat mengonsumsi ikan demi mengejar protein tinggi, justru membuat kolesterol semakin menumpuk.

Ikan yang mengandung tinggi kolesterol

Lantas, ikan apa saja yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol? Berikut daftarnya.

1. Ikan sarden

Ikan sarden merupakan ikan dengan kandungan kolesterol yang tinggi di antara jenis ikan lain. Jumlah kolesterolnya mencapai 142 mg per 100 gram.

Sementara kandungan kalorinya 208, protein 24,6 gram, dan lemak jenus 1,53 gram. Maka dari itu, sebaiknya batasi jumlah konsumsi ikan sarden sehari-hari.

2. Ikan bawal

Ikan bawal terdiri dari berbagai jenis, baik yang hidup di air tawar dan air laut. Ikan bawal air tawar merupakan salah satu jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol atau setidaknya harus dibatasi.

Sebab, kandungan kolesterolnya tinggi, yaitu mencapai 120 mg per 100 gram.

3. Ikan tongkol

Ikan yang mengandung tinggi kolesterol berikutnya adalah ikan tongkol. Sebab, kadar kolesterol di jenis ikan ini cukup tinggi, yaitu mencapai 102 mg per 100 gram.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai menghitung kembali jumlah konsumsi ikan tongkol jika tidak ingin membuat kolesterol jadi menumpuk.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *