Hikmah Pagi: Ingatlah Allah pada Waktu Senang, Pasti Allah Akan Mengenalimu pada Waktu Sempit

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Sobat Muslim rahimani wa rahimakumullah, kenalilah (ingatlah) Allah di waktu senang pasti Allah akan mengenalimu di waktu sempit.

Jika anda punya saudara atau kawan yang hanya datang pada anda di saat susah saja atau sedang butuh bantuan saja, yang selama ini hilang dari peredaran ukhuwah, bagaimana perasaan anda..?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hendaknya jangan jadikan mengingat Allah, pilihan terakhir ketika gembira, namun tiba-tiba menjadi pilihan utama ketika bersedih dan susah. Ingatlah Allah waktu senang dan lapang, maka Allah akan mengingatmu di waktu susah.

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ﺗَﻌَﺮَّﻑْ ﺇﻟَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮَّﺧَﺎﺀِ ﻳَﻌْﺮِﻓُﻚ ﻓِﻲ ﺍﻟﺸِّﺪَّﺓِ

“Kenalilah (ingatlah) Allah di waktu senang pasti Allah akan mengenalimu di waktu sempit.”
(HR. Tirmidzi).

Allah menolong Nabi Yunus dalam berbagai kesusahan ditengah ganasnya lautan, dalam perut ikan. Karena beliau sering mengingat Allah di waktu lapang.

Allah ta’ala berfirman :

ﻓﻠﻮ ﻻ ﺃﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺴﺒﺤﻴﻦ، ﻟﻠﺒﺚ ﻓﻲ ﺑﻄﻨﻪ ﺇﻟﻰ ﻳﻮﻡ ﻳﺒﻌﺜﻮﻥ

“Maka kalau sekiranya dia (sebelumnya) tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit (kiamat).”
(QS. Ash Shaaffaat: 144).

Hendaklah di waktu senang dan lapang: Shalat malam meminta dan mencari ridha Allah. Bersedekah walaupun sedikit, tapi Istiqomah. Membaca Al-Quran. Menunaikan hak Allah pada zakat. Beristigfar dan dzikir, amalan yang mudah, akan tetapi Allah maha Pengasih lagi Penyanyang. Kapanpun dan apapun kondisinya Engkau kembali kepada Allah.

Allah terima taubat dan ampuni semua dosa hamba nya.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu ia berkata:

ﻋَﻦْ ﺃَﻧَﺲِ ﺑﻦِ ﻣَﺎﻟِﻚٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ، ﻗَﺎﻝَ : ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳَﻘُﻮْﻝُ : (( ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺗَﺒَﺎﺭَﻙَ ﻭَ ﺗَﻌَﺎﻟَـﻰ : ﻳَﺎ ﺍﺑْﻦَ ﺁﺩَﻡَ ، ﺇﻧَّﻚَ ﻣَﺎ ﺩَﻋَﻮْﺗَﻨِﻲْ ﻭَﺭَﺟَﻮْﺗَﻨِﻲْ ﻏَﻔَﺮْﺕُ ﻟَﻚَ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﻓِﻴْﻚَ ﻭَﻟَﺎ ﺃُﺑَﺎﻟِﻲْ ، ﻳَﺎ ﺍﺑْﻦَ ﺁﺩَﻡَ ﻟَﻮْ ﺑَﻠَﻐَﺖْ ﺫُﻧُﻮﺑُﻚَ ﻋَﻨَﺎﻥَ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀِ ، ﺛُﻢَّ ﺍﺳْﺘَﻐﻔَﺮْﺗَﻨِﻲْ ، ﻏَﻔَﺮْﺕُ ﻟَﻚَ ﻭَﻟَﺎ ﺃُﺑَﺎﻟِﻲْ ، ﻳَﺎ ﺍﺑْﻦَ ﺁﺩَﻡَ ﺇِﻧَّﻚَ ﻟَﻮْ ﺃَﺗَﻴْﺘَﻨِﻲْ ﺑِﻘُﺮَﺍﺏِ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﺧَﻄَﺎﻳَﺎ ، ﺛُﻢَّ ﻟَﻘِﻴﺘَﻨﻲْ ﻟَﺎ ﺗُﺸْﺮِﻙُ ﺑِﻲْ ﺷَﻴْﺌًﺎ ، ﻟَﺄَﺗَﻴْﺘُﻚَ ﺑِﻘُﺮَﺍﺑﻬَﺎ ﻣَﻐْﻔِﺮَﺓً

“Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Allah Azza wa Jalla berfirman: Hai anak Adam.! Sesungguhnya selama engkau berdo’a dan berharap hanya kepada-Ku, niscaya Aku mengampuni dosa-dosa yang telah engkau lakukan dan Aku TIDAK PEDULI..! Wahai anak Adam..! Seandainya dosa-dosamu setinggi langit, kemudian engkau minta ampunan kepada-Ku, niscaya Aku mengampunimu dan Aku TIDAK PEDULI.! Wahai anak Adam.. Jika engkau datang kepadaku dengan membawa dosa-dosa yang hampir memenuhi bumi kemudian engkau bertemu dengan-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu pun, niscaya Aku datang kepadamu dengan memberikan ampunan sepenuh bumi.”
(HR. At-Tirmidzi, dan beliau berkata: Hadits ini hasan shahih).

Saudaraku…

Ingatlah Allah di saat senang dan lapang. Jangan tunggu taubat di waktu susah saja, karena kematian bisa datang secara tiba-tiba.

•┈•◎❅❀🌷🌻💎🌻🌷❀❅◎•┈•​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *