Toleransi Yang Menyelamatkan

Toleransi Yang Menyelamatkan
Ustadz Buchory Muslim, Ketua Departemen Hukum dan Advokasi Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh : Ustadz Buchory Muslim, Ketua Departemen Hukum dan Advokasi Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

Hajinews.id – “Biarkan saudara sebangsa kita melaksanakan keyakinannya, tanpa harus terganggu dengan ucapan selamat dari kita.”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ucapan, perbuatan dan juga diam atau persetujuan kita adalah bagian tak terpisah dari keyakinan kita. Jadi tak boleh dianggap sepele apalagi seolah merasa paling toleran karenanya. Toleransi itu bukan dalam ranah keyakinan tapi dalam ranah yang lain di luar hal paling mendasar dan bermakna dalam kehidupan seorang beriman itu.

Kita semua tetap berdamai dengan siapapun yang berdamai dengan kita, apalagi itu sedaerah, sewilayah juga sebangsa dan senegara dengan kita.

Mengimani Nabiyullâh Isa عليه السلام sebagaimana Nabi adalah bagian tak terpisah dari keimanan kita. Begitulah yang telah diajarkan serta dicontohkan panutan utama kita Rasûlullâh ﷺ. .

Kita jangan merasa paling toleran, paling sosial apalagi paling NKRI misalnya kemudian mengorbankan keyakinan yang meruapan hal yang harga mati kita pertahankan.

Selamat menjaga keyakinan, selamat mengamalkan toleransi yang tepat dan benar. Selamat menggapai bahagia dan nikmat dunia, tanpa mengorbankan jalan utama menuju keselamatan akhirat.

والله اعلم وبارك الله فيكم…

Masjid Nabawy Asy Syarif,
30 Jumadil Awwâl 1444 H
25 Desember 2022

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *