Hikmah Pagi: Dosa-dosa Penyebab Bencana

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jika kita melihat catatan serangkaian musibah dan bencana yang terjadi, hampir hal itu terjadi setiap akhir tahun.

Entah itu Tsunami, gempa bumi, banjir, gunung meletus, pesawat jatuh dll.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Oleh karena itu kita sebagai orang yang beriman dan berakal, harus bisa menjadikan semua itu sebuah pelajaran dan renungan agar kita bersegera bertaubat dan berusaha keras meninggalkan segala bentuk kemaksiatan seperti zina, pesta miras, judi, musik dan nyanyian, perayaan tahun baru, kesyirikan dan sebagainya, sebab bisa jadi musibah dan bencana itu terjadi akibat dosa-dosa kita dan itu sebagai teguran dari Allah ﷻ.

Ali bin Abi Tholib radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

مَا نُزِّلَ بَلاَءٌ إِلاَّ بِذَنْبٍ وَلاَ رُفِعَ بَلاَءٌ إِلاَّ بِتَوْبَةٍ

“Tidaklah musibah tersebut turun melainkan karena dosa. Oleh karena itu, tidaklah bisa musibah tersebut hilang melainkan dengan taubat.” (Al Jawabul Kaafi, hal. 87)

Perkataan Ali radhiyallahu ‘anhu di atas juga selaras dengan firman Allah Ta’ala,

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syuraa: 30)

Demikian juga para ulama salaf mengatakan yang serupa dengan perkataan di atas.

Ibnu Qoyyim Al Jauziyah rahimahullah mengatakan,
“Di antara akibat dari berbuat dosa adalah menghilangkan nikmat dan akibat dosa adalah mendatangkan bencana (musibah). Oleh karena itu, hilangnya suatu nikmat dari seorang hamba adalah karena dosa. Begitu pula datangnya berbagai musibah juga disebabkan oleh dosa.” (Al Jawabul Kaafi, hal. 87)

Orang yang beriman adalah orang yang pandai mengambil pelajaran dan hikmah, sehingga setiap kejadian menjadikannya semakin berusaha memperbaiki diri dan bertaqwa.

Semoga hal ini menjadi renungan bagi kita semua sekaligus menjadi motivasi bagi kita semua untuk meninggalkan maksiat dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah ﷻ, karena kita tidak pernah tahu kapan musibah itu datang dan ajal kita akan tiba.

✍ Habibie Quotes, 07/22/22

​​​​​​​​​​

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *