Selamat Tinggal Tukang Tambal Ban, Ban Tanpa Udara Bakal Siap Diproduksi 

Ban Tanpa Udara Bakal Siap Diproduksi 
Ban Tanpa Udara Bakal Siap Diproduksi 
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Beberapa produsen ban ternama sedang mengembangkan teknologi airless tyre. Inovasi ini dinilai sebagai salah satu masa depan di bidang komponen bantalan otomotif.
Pabrikan yang secara terbuka mengumumkan ban tanpa udara adalah Michelin. Perusahaan Prancis ingin mengembangkan ban pengap, sistem ban bocor unik (Uptis) mulai tahun 2024.

Michelin bahkan bekerja sama dengan produsen mobil General Motors untuk bisa menjual produk ini ke publik pada 2025 mendatang. Bersama Michelin, produsen ban lain, Bridgestone, mengembangkan produk serupa, QuietTrack.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dinding ban ini memiliki struktur unik yang berfungsi sebagai penyangga antara tapak ban dan pelek.

Dari struktur tersebut terlihat bahwa ban tidak menggunakan tekanan udara. Struktur ini juga berfungsi sebagai peredam kejut, membantu suspensi menyerap guncangan saat menabrak lubang atau jalan yang tak rata.

Teknologi ban tanpa udara besutan Michelin dikembangkan selama lebih dari 16 tahun lalu.

Di sisi lain, Michelin mengatakan tidak ada cara untuk mengetahui berapa lama ban tanpa udara akan bertahan. Pengemudi harus memeriksa ban maksimal lima tahun. Namun, ban tanpa udara disebut dapat bertahan sekitar tiga kali lebih lama dari ban konvensional.

Michelin berharap tapak ban bisa bertahan dua hingga tiga kali lebih lama dari ban konvensional. Sebab, pengemudi bisa mengganti karet tapak di sekitar lingkar luar ban saja jika ban sudah aus.

Hal ini berbeda dari ban konvensional yang mengharuskan seluruh bagian ban diganti saat tapak ban aus.

Pengemudi disebut tidak perlu membawa ban serep selama perjalanan. Klaim lain dari pabrikan bila ban seperti ini juga ramah lingkungan sebab material yang digunakan dapat didaur ulang.

Michelin mengatakan ban tanpa udara Uptis bakal dijual dengan harga di kisaran US$40 hingga US$65 atau sekitar Rp622 ribu sampai Rp1 juta per ban (kurs Rp15.568). Sedangkan, Bridgestone QuietTrack dijual lebih mahal, yakni US$133 per ban atau sekitar Rp2 juta.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *