Anda Bisa Berisiko Mati Muda Jika Masih Melakukan 9 Kebiasaan Ini

Kebiasaan yang mempercepat kematian
Terlalu lama duduk/ Foto: unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Menurut Johns Hopkins Medicine, hampir semua emosi negatif yang berkepanjangan mulai dari kemarahan, dendam, hingga kesedihan akan menyebabkan beberapa masalah pada tubuh Anda. Ketika Anda mengalami emosi negatif, tekanan darah Anda naik, detak jantung Anda melonjak, dan tubuh Anda melepaskan hormon stres kortisol. Perlu diketahui, kortisol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

8. Banyak Minum Alkohol

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa sesekali minum alkohol, terutama anggur dapat bermanfaat bagi tubuh Anda.

Namun jika Anda minum lebih dari batasan dua gelas per hari atau lebih, maka hal itu bisa menyebabkan kerusakan hati, diabetes dan menjadi penyebab hampir 100.000 kasus kematian tiap tahunnya.

9. Kurang tidur atau terlalu banyak tidur

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan jumlah jam tidur yang cukup akan meninggal lebih cepat. Orang yang sering begadang dan sulit tidur memiliki risiko kematian dini lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memenuhi kebutuhan tidur mereka.

Setidaknya orang dewasa harus tidur tujuh sampai delapan jam semalam. Menurut Harvard Medical School’s Healthy Sleep, kurang tidur dari lima jam tidak boleh, sementara lebih dari sembilan jam juga tidak bagus.

Kurang tidur bisa melemahkan kekebalan tubuh, meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes. Semua ini bisa membuat Anda lebih cepat mendekat ke liang kubur tanpa disadari. Para ahli menyarankan agar orang tidur di waktu yang sama setiap malam, serta menghindari minum alkohol atau menggunakan alat-alat elektronik tiga jam sebelum tidur.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *