Nyeri Punggung: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Nyeri Punggung
Nyeri Punggung
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idNyeri punggung merupakan penyakit yang cukup sering dialami banyak orang. Kondisi ini menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika punggung Anda sakit, Anda tidak bisa berolahraga dengan bebas. Oleh karena itu, solusi untuk masalah punggung ini harus segera dicarikan solusinya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas segala hal yang berkaitan dengan nyeri punggung, penyebab, gejala dan pengobatannya. Untuk informasi lengkapnya, yuk simak pembahasannya di bawah ini sampai selesai!

Apa itu Nyeri Punggung?

Nyeri punggung adalah nyeri yang dirasakan di bagian punggung yang berasal dari otot, persarafan, tulang, sendi, atau struktur lain di sekitar tulang belakang. Dilansir dari sebuah makalah ilmiah terbitan Universitas Lambung Mangkurat berjudul Nyeri Punggung oleh dr Huldani, tulang belakang adalah sesuatu yang kompleks yang menghubungkan jaringan saraf, sendi, otot, tendon, dan ligamen.

Jika terdapat masalah pada tulang belakang, maka punggung akan terasa sakit dan tidak nyaman. Nyeri punggung biasanya dirasakan sebagai rasa sakit, tegang, dan kaku di bagian punggung.

Jenis-jenis Nyeri Punggung

Nyeri punggung terbagi ke dalam beberapa jenis yang berbeda. Nyeri punggung bawah dan atas atau tengah merupakan jenis-jenis dari nyeri punggung.

1. Nyeri Punggung Bawah

Nyeri punggung bawah atau low back pain adalah kondisi ketika punggung bagian belakang terasa nyeri hingga berpotensi menghambat aktivitas sehari-hari. Pada beberapa kasus tertentu, sakitnya bisa menjalar hingga ke bokong atau paha.

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, punggung bagian bawah terdiri dari tulang punggung, ligamen, dan otot. Ketika terjadi permasalahan di bagian ini, maka akan menimbulkan nyeri.

2. Nyeri Punggung Atas/Tengah

Nyeri punggung atas atau tengah diakibatkan oleh postur tubuh yang salah ketika duduk, terutama jika duduk dalam jangka waktu yang panjang. Posisi ini akan menekan saraf-saraf di punggung dan membuat otot punggung menjadi kaku.

Faktor Penyebab Nyeri Punggung

Nyeri punggung bisa disebabkan oleh kebiasaan yang buruk yang menyebabkan masalah tulang belakang. Dilansir dari laman Universitas Negeri Semarang dan National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, berikut adalah beberapa penyebab nyeri punggung:

  • Kerja fisik berat berupa mengangkat, membawa, mendorong, atau menarik dengan cara yang salah.
  • Duduk dalam posisi yang salah dalam jangka waktu yang panjang.
  • Membungkuk dalam jangka waktu yang lama.
  • Kelebihan berat badan dan dapat memberi tekanan ekstra pada punggung.
  • Cedera tulang belakang.
  • Kelainan tulang belakang, seperti skoliosis.
  • Penyakit yang berhubungan dengan tulang, seperti osteoporosis.

Gejala Nyeri Punggung yang Berbahaya

Ketika nyeri punggung menyerang, biasanya terdapat beberapa gejala yang sama. Dilansir dari laman Health Partners, berikut adalah beberapa gejala umum dari nyeri punggung yang terjadi:

  • Perasaan seperti terbakar dan rasa sakit yang menusuk.
  • Rasa sakit sering terasa secara tiba-tiba dan bertambah para seiring dengan waktu.
  • Rasa sakit punggung disertai dengan rasa kejang dan kaku pada otot.
  • Rasa sakit akan terasa lebih parah ketika bergerak atau melakukan kegiatan sehari-hari.

Perawatan Sakit Punggung di Rumah

Nyeri pada punggung perlu mendapatkan perawatan tertentu agar bisa terhindar dari rasa sakit yang begitu mengganggu. Untuk nyeri punggung yang masih tergolong ringan, perawatan sakit punggung ringan bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *