Hajinews.id – Awal tahun 2023 digunakan sebagian besar masyarakat untuk mengambil resolusi, salah satunya adalah memulai bisnis sendiri. Namun, ketakutan akan badai resesi masih membuat orang ragu dan bingung ingin mencoba bisnis yang mana.
Jangan khawatir, masih ada beberapa peluang bisnis yang diperkirakan cukup menjanjikan di tahun 2023. Apa sajakah itu?
Bhima Yudhistira, direktur eksekutif Center for Economic and Legal Studies (CELIOS), mengatakan setidaknya ada 8 perusahaan yang dia perkirakan akan tumbuh pesat pada 2023. Yang pertama adalah industri kosmetik dan perawatan tubuh.
“Terdapat fenomena lipstick effect, di mana tekanan ekonomi akan membuat masyarakat beralih dari konsumsi barang luxury (baju dan tas branded) menjadi produk kecantikan dengan harga terjangkau,” kata Bhima, Jumat (13/01/2023).
Kedua ialah jasa perhotelan, yang mulai bangkit pasca pencabutan PPKM serta menjelang momentum lebaran. Ketiga yaitu bisnis restoran dan cafe, yang juga meningkat karena aktivitas rekreasi di luar rumah meningkat.
Berikutnya yang keempat ialah bisnis konser musik atau panggung hiburan. Kelima yaitu bisnis yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu seperti sembako, cetak sablon, periklanan, jasa survey, hingga sewa transportasi harian.
Lalu yang keenam, bisnis wedding organizer dan souvenir pernikahan, seiring dengan acara pernikahan yang semakin meningkat. Kemudian yang ketujuh, bisnis makanan dan minuman, di mana menurut Bhima, kebutuhan pokok kebal terhadap resesi.
“(Kedelapan) Jasa psikiater dan jasa konsultasi keuangan. Semakin berat tekanan ekonomi, tuntutan pekerjaan maka kebutuhan jasa psikiater dan konsultasi keuangan pribadi meningkat tajam,” ujarnya.
Sementara itu, Pengamat ekonomi digital sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi mengatakan, menurutnya usaha yang punya prospek cukup baik di 2023 ialah yang berkaitan dengan sektor industri, pertambangan, pertanian, hingga perdagangan.