Kebiasaan Kecil Yang Bisa Menyebabkan Penyakit Jantung, Jangan Dilakukan Lagi

Kebiasaan Kecil Yang Bisa Menyebabkan Penyakit Jantung
Kebiasaan Kecil Yang Bisa Menyebabkan Penyakit Jantung
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Sebagian orang mungkin terbiasa menaburkan lebih banyak garam pada makanan yang akan disantapnya. Meski bisa meningkatkan cita rasa makanan, kebiasaan ini justru bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menunjukkan hubungan antara peningkatan asupan garam dan risiko penyakit jantung. Studi ini melacak kebiasaan makan 176.570 orang yang tinggal di Inggris.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Saat penelitian dimulai, semua peserta bebas dari penyakit kardiovaskular. Namun 11 tahun kemudian, peserta yang menaburkan garam ekstra pada makanan yang dimasak ternyata memiliki masalah kardiovaskular.

9.963 kejadian kardiovaskular ditemukan di antara semua peserta. Ada juga 2.007 kasus stroke, 2.269 kasus gagal jantung, dan 6.693 kasus penyakit jantung iskemik atau penyakit jantung koroner.

Sebaliknya, tim peneliti juga menemukan bahwa risiko penyakit kardiovaskular tampak lebih rendah pada partisipan yang jarang menambahkan garam ekstra ke dalam makanan yang sudah masak atau pada para partisipan yang menerapkan diet mirip seperti diet DASH. Sedangkan risiko penyakit kardiovaskular paling rendah ditemukan pada partisipan yang hampir tak pernah menambahkan garam ekstra ke dalam makanan mereka sekaligus menerapkan diet mirip seperti diet DASH.

Diet DASH adalah pengaturan pola makan yang dirancang untuk mencegah atau mengelola hipertensi. Diet DASH lebih berfokus pada makanan yang tinggi kalsium, magnesium, serta kalium. Diet ini juga meminimalisir asupan lemak jenuh, gula tambahan, dan sodium. Mengacu pada Mayo Clinic, diet DASH membatasi asupan sodium menjadi sekitar 2.300 mg per hari.

Sodium sebanyak 2.300 mg mungkin terkesan banyak. Padahal dalam bentuk garam, jumlah tersebut setara dengan satu sendok teh garam per hari.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *