Jalan Sehat ‘’Merah Marun’’ Ramaikan Kota Semarang

Jalan Sehat Ramaikan Kota Semarang
Jalan Sehat Ramaikan Kota Semarang
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



SEMARANG, Hajinews.id – Ribuan orang dari berbagai daerah mengikuti jalan sehat ‘’Merah Marun’’ dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-77 Kementerian Agama, Sabtu (14/1). Para peserta yang sebagian besar memakai T-shirt warna Merah Marun dilepas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Stadion Diponegoro Jalan Ki Mangunsarkoro Semarang.

Kepala Kanwil Kemenag Jateng Musta’in Ahmad menjelaskan, Merah Marun merupakan singkatan dari Menyemai Ramah untuk Masyarakat Rukun. ‘’Program itu telah dilaksanakan hingga tingkat paling bawah dalam struktur sosial kemasyarakatan. Program yang menjadi proyek perubahan dari Kemenag itu juga mendapat sambutan hangat dari masyarakat,’’ kata Mustain.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurutnya, jalan sehat kerukunan umat untuk Indonesia hebat itu, sebagai komitmen bahwa agama harus tampil dalam wajah yang rukun. Gerakan Merah Marun yang digalakkan di Jawa Tengah, memiliki spirit yang sama dengan tema sentral itu.

“Melalui Merah Marun, kita bersama stakeholder yang lain, para penyuluh agama yang jumlahnya 4.800 ini, hadir di tengah masyarakat, mengajak bicara santai, berdialog enak tentang agama yang mencerahkan. Agama yang membawa pada suasana yang damai dan rukun itu,” jelasnya.

Menurut Musta’in, saat ini di Jawa Tengah sudah ada 340-an rukun tetangga (RT) yang menyebutkan kerukunan umat beragama (KUB) di dalamnya. Misalnya Seksi Agama dan KUB, atau Seksi kerohanian dan KUB. Ratusan RT itu tersebar di 19 desa sadar kerukunan di Jawa Tengah, dan masih akan terus dikembangkan lagi.

“Nanti akan terus kita kembangkan sehingga masyarakat terbiasa. Begitu bicara agama di dalamnya rukun, jadi seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Agama pasti endingnya rukun. Kalau endingnya rukun maka kita bisa mengonsolidasikan energi kita untuk mendapatkan Indonesia yang hebat itu. Itu yang sekarang kita lakukan, seperti dijelaskan Gubernur,” kata Musta’in.

Hadiah Umrah

Jalan Sehat Kerukunan itu diikuti peserta dari berbagai lembaga dan masyarakat umum, antara lain para pegawai dan keluarga di lingkungan Kanwil Kemenag Jateng, perwakilan dari kantor kemenag kota/kabupaten se Jateng, perwakilan UIN Walisongo, perwakilan MAN, MTs se Jateng, MUI, DMI, FKUB dan lain lain.

Gubernur Ganjar Pranowo dan Kakanwil Kemenag Jateng Muta’in Ahmad bersama istri juga turut jalan sehat bersama peserta.

Adapun rute yang ditempuh sekitar 1,5 Km dengan rute dari Stadion Diponegoro Jalan Ki Mangunsarkoro, Jalan KH Ahmad Dahlan, Simpang Lima, Jalan Ahmad Yani dan kembali ke Stadion Diponegoro.

Selesai Jalan Sehat, Ganjar Pranowo sempat memberikan sejumlah hadiah doorprize kepada peserta. Selain itu juga sempat berdiolag dengan penerima doorprize, dari Wonogiri.

Ganjar bertanya jumlah warga yang nikah selama bulan Januari serta berapa orang yang mengajukan perceraian.

Panitia Jalan Sehat Kerukunan Kanwil Kemenag Jateng menyediakan ratusan doorprize dengan berbagai jenis. Doorprize yang paling ditunggu pesera antara lain sepeda, TV, motor roda dua dan umroh gratis.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *