Survei SMRC: Elektabilitas Anies Naik, Suara Prabowo Tergerus

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan elektabilitas para tokoh-tokoh calon presiden (Capres) terkuat di pemilu 2024 masih dinamis. Ketiga Capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo saling menggerus suara satu sama lain.

Saiful Mujani memaparkan naiknya elektabilitas salah satu capres membuat elektabilitas capres lainnya turun.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Ada korban dari kenaikan salah satu capres, kan gak mungkin ada yang naik tapi yang satu lagi tetap (tidak berkurang)”, kata Saiful Mujani.

Elektabilitas Anies Baswedan yang mengalami kenaikan mengakibatkan suara milik Prabowo Subianto tergerus.

Survei dilakukan dengan merujuk pada suara dari kontestan pemilu 2019 Jokowi-Amin dan Prabowo-Sandi. Suara dari ke dua pasangan tersebut terbagi ke tiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Sebanyak 20% dari pemilih Jokowi-Amin beralih ke Anies Baswedan, 22% ke Prabowo Subianto dan 44% ke Ganjar Pranowo. Sedangkan 14% lainnya tidak menjawab. Pada pemilih Prabowo-Sandi sebanyak 44% beralih ke Anies Baswedan, 37% tetap pada Prabowo Subianto dan 13% beralih ke Ganjar Pranowo. Sedangkan 6% lainnya tidak menjawab.

Dari angka tersebut distribusi pemilih dari Jokowi-Amin paling besar beralih ke Ganjar Pranowo, namun Ganjar tidak mendapat porsi distribusi yang signifikan dari pemilih Prabowo-Sandi.

Di sisi lain Anies Baswedan mendapatkan porsi yang paling besar dari pemilih Prabowo-Sandi, Prabowo sendiri menjadi korban dari kenaikan elektabilitas Anies Baswedan.

“Artinya apa, pemilih Prabowo dulu itu udah pindah ke Anies. Sedangkan ke Ganjar tidak terlalu signifikan hanya 13%”, ujar Saiful.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *