Perppu Cipta Kerja Itu Rompi Pengaman Elit

Perppu Cipta Kerja
Perppu Cipta Kerja
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Suroto, Ketua AKSES ( Asosiasi Kader Sosio-Ekonomi Strategis )

Hajinews.idPerppu Cipta kerja yang baru disahkan tidak memenuhi unsur keterdesakan kondisi ekonomi untuk syarat terbitnya sebuah Perppu. Secara prasyarat kondisi ekonomi justru kontradiktif terhadap pernyataan pemerintah sendiri yang masih optimis perkiraan pertumbuhan ekonomi, dan inflasi terkendali pada tahun 2023.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mencermati isinya, dan juga regulasi regulasi turunanya yang didelegasikan oleh Perppu, Perppu ini sebetulnya lebih banyak menguntungkan kepentingan elit bisnis nasional.

Pengedepanan model pendekatan resiko ( risking approach) ketimbang pendekatan pencegahan ( preventive approach) dalam perizinan bisnis tambang, perkebunan, maupun pabrikasi misalnya, inilah motivasi besar mereka.

Saat ini komoditi ekstraktif seperti batu bara, sawit, nikel dan lain lain memang sedang jadi primadona dunia karena krisis energi akibat perang Ukraina dan juga karena memang ada lonjakan kebutuhan. Harganya sedang dalam posisi yang tinggi dan sepertinya akan bertahan cukup lama. Para oligarki ini sedang memainkan hal ini.

Perppu ini merupakan rompi pengaman mereka agar terhindar dari syarat syarat analisis dampak lingkungan, kesulitan perizinan, dan juga masalah tanggungan sosial perusahaan lainya.

Para elit pebisnis nasional yang sekarang ini memegang kendali kekuasaan dan bahkan kuasai parlemen itu yang bermain. Motivasi besarnya ada disitu. Makanya Presidenpun tak mampu menolak kemauan mereka untuk memaksakan UU Cipta Kerja yang sudah dinyatakan Inkonstitusional itu menjadi Perppu.

Ada satu lagi yang kita sudah kecolongan, yaitu UU Omnibus Law Penguatan dan Pengembangan Sektor Keuangan ( PPSK). UU yang dalam bunyi tujuanya untuk membangun protokol mitigasi resiko dalam hadapi krisis keuangan dan ekonomi serta pengembangan investasi di sektor keuangan itu omong kosong semua.

Setelah dicermati isinya ternyata intinya adalah pelegalan perampokkan uang negara untuk selamatkan para bankir dan pemilik perusahaan asuransi jika terjadi krisis keuangan maupun ekonomi. Selain pembentukan imunitas atau kekebalan hukum bagi pejabat pengambil kebijakanya serta buka pintu lebar lebar penguasaan asing di sektor keuangan .

Perppu Cipta Kerja dan UU Omnibus Law PPSK adalah merupakan paket lengkap penguasaan ekonomi oleh elit politik dan elit kaya di sektor riil dan sektor keuangan.

Penguasaan ekonomi yang kuat oleh elit ini ditambah dengan kepemimpinan yang fasis adalah kombinasi yang sangat bobrok. Perppu yang ditetapkan tanpa urgensi dan tanpa komentar dari anggota parlemen sama sekali ini lebih bobrok dari model ekonomi manapun. Baik itu sistem ekonomi komunis maupun kapitalis.

Jakarta, 16 Januari 2023

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *