Humor Gus Dur: Imbauan untuk Pendemo, Apa Isinya?

Imbauan untuk Pendemo
Gus Dur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Presiden Keempat Republik Indonesia, KH. Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur memang sering dikenal suka bercanda. Tujuan dari humor ini biasanya untuk membuat orang tertawa dan meredakan ketegangan politik saat itu.

Salah satunya adalah kisah tentang aksi demonstrasi. Di era Gus Dur tak luput dari aksi protes ini. Kala itu, salah satu yang didemo adalah Departemen Kehutanan dan Perkebunan (Dephutbun) yang tidak henti didemo.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dikutip dari buku ‘Mati Tertawa Bareng Gus Dur’, alkisah, setiap hari ada saja kelompok yang berdemonstrasi di departemen yang saat itu dipimpin Nur Mahmudi Ismail. Tuntutan yang dilayangkan sama, yakni mendesak pembatalan pengangkatan Sutjipto sebagai Sekjen Dephutbun.

Saat aksi protes berlangsung, banyak pengunjuk rasa yang meneriakkan permintaannya. “Sutjipto terlalu tua, copot saja!” teriak salah satu pendemo.

“Sutjipto bukan pejabat karir, berikan saja jabatan itu kepada orang dalam!” pekik yang lain.

“Pengangkatan Sutjipto berbau KKN, copot saja,” bunyi tulisan sebuah poster yang diacungkan.

Rentetan demonstrasi itu pun sempat melumpuhkan sebagian kegiatan Dephutbun itu. Tak sedikit karyawan yang juga ikutan berdemo, yang pada akhirnya menyerempet posisi Menteri Nur Mahmudi.Tapi, Presiden berkeras supaya Sutjipto dipertahankan.

Dalam suasana seperti itulah, Gus Dur melantik pengurus Perhimpunan Peternak Lebah di Jakarta akhir Maret 2000. Dalam pidatonya, Gus Dur antara lain memaparkan mengenai kondisi peternakan lebah terkini.

“Kita ini setiap tahun masih mengimpor 350 ribu ton lebah dari luar negeri,” terangnya.

“Lah, orang-orang yang berdemo itu, daripada mendemo menterinya mbok lebih baik beternak lebah, supaya kita tidak mengimpor lagi!,” lanjutnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *