Tanda Kiamat: Orang Bodoh Yang Diangkat Jadi Pemimpin

Orang Bodoh Jadi Pemimpin
Orang Bodoh Jadi Pemimpin, Foto: ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Disebutkan dalam Kitab At-Tadzkirah karya Imam Syamsuddin Al-Qurthubi, munculnya orang bodoh sebagai pemimpin termasuk satu dari enam perkara yang membuat Rasulullah SAW memerintahkan untuk meminta kematian.

Abul Abbas mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Segeralah meminta mati jika telah terjadi enam perkata; Orang-orang bodoh jadi pemimpin, banyaknya tanda-tanda (kiamat), hukum dijual-belikan, pembunuhan dianggap remeh, silaturahim diputuskan, dan generasi yang menjadikan Al-Qur’an sebagai nyanyian, mereka menyuruh seseorang tampil menyanyikan Al-Qur’an padahal ia paling sedikit pengetahuan agamanya.” (HR At-Tirmidzi dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani)

Pemimpin Zalim Juga akan Bermunculan

Disebutkan dalam Kasyf al-Minan fi ‘Alamat as-Sa’ah wa al-Malahim wa al-Fitan karya Mahmud Rajab Hamady yang diterjemahkan oleh Ibnu Tirmidzi, di antara tanda-tanda kiamat yang dijelaskan Rasulullah SAW adalah munculnya sistem pemerintahan diktator yang zalim, di mana pemimpinnya tidak mengenal baik dan buruk, kecuali mengikuti hawa nafsunya.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

“Jika umurmu panjang, engkau akan segera melihat satu kaum membawa cambuk (seperti ekor sapi) di tangannya, setiap pagi dan petang mereka dilaknati Allah SWT.” (HR Muslim)

Abu Hurairah RA juga meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Dua golongan dari penghuni neraka yang belum aku temui. Suatu kaum yang membawa cambuk (seperti ekor lembu) di tangannya dan senantiasa memukul manusia.” (HR Muslim)

Apabila menemui pemimpin yang zalim. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk tidak mengambil peran pada bagian-bagian tertentu. Beliau bersabda,

“Akan kalian temui para pemimpin yang mengambil para pembantunya orang-orang yang bejat dan melaksanakan salat di luar waktu. Bila kalian menemui masa pemerintahan mereka maka janganlah kalian mau menjadi satuan keamanan, pemungut pajak, penasihat, dan penjaga gudang.” (HR Ibnu Hibban)

Allah SWT juga telah berfirman,

وَلَا تَرْكَنُوْٓا اِلَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا فَتَمَسَّكُمُ النَّارُۙ وَمَا لَكُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ مِنْ اَوْلِيَاۤءَ ثُمَّ لَا تُنْصَرُوْنَ ١١٣

Artinya: “Janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang zalim sehingga menyebabkan api neraka menyentuhmu, sedangkan kamu tidak mempunyai seorang penolong pun selain Allah, kemudian kamu tidak akan diberi pertolongan.” (QS Hud: 113)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *