PKS Setuju Khofifah Cawapres Anies, Refly Harun: Sejak Awal Memang, PKS

Refly Harun (foto istimewa)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyoroti Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang setuju jika bakal calon presiden (capres) Partai NasDem Anies Baswedan dipasangkan dengan tokoh dari kalangan NU salah satunya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Pilpres 2024.

Seperti diketahui bahwa sosok Khofifah dinilai mewakili segmentasi yang dapat melengkapi Anies menuju kemenangan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hal tersebut ditanggapi Refly Harun melalui video di akun YouTube pribadi miliknya yang tayang pada Selasa (24/1). Dalam videonya tersebut, Refly Harun mengatakan sejak awal memang PKS tidak merasa keberatan jika calon untuk Pilpres 2024 berasal dari luar koalisi.

Refly Harun juga mengatakan bahwa 2 partai lainnya dalam koalisi tersebut yakni Partai NasDem dan Partai Demokrat terkesan agak keberatan jika cawapresnya berasal dari salah satu partai koalisi.

“Kalau saya menilai, sejak awal memang PKS tidak akan berkeberatan terhadap calon dari luar koalisi, yang justru sebenarnya 3 partai ini, dua partai terutama agak keberatan kalau calonnya berasal dari salah satu partai koalisi,” ujar Refly Harun dikutip hajinews.id.

Ahli Hukum itu pun membeberkan alasan dari kedua partai dari koalisi itu yang agak keberatan jika cawapres yang bakal dampingi Anies Baswedan maju di Pilpres 2024 berasal dari salah satu partai koalisi.

“Kenapa begitu? Sederhananya adalah karena kalau berasal dari partai koalisi maka akan mendapatkan keuntungan Salah satu partai,” ungkap Refly Harun.

Sementara Refly menjelaskan, jika capres maupun cawapres yang bakal diusung koalisi tersebut berasal dari luar partai koalisi, tidak akan ada yang untung tapi tidak juga rugi.

“Tapi kalau semuanya berasal dari luar partai maka masing-masing pihak tidak akan mendapatkan keuntungan apa-apa, tetapi juga pasti tidak rugi, tinggal bagaimana mereka menjual paket capres cawapresnya,” ucap Refly Harun.

Refly juga menyebut calon dari luar lebih fair, tapi yang paling penting kapasitas untuk memenangkan pertarungan, katanya, Apakah Anies Khofifah atau Anies AHY, menjadi sesuatu pertimbangan yang harus objektif.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *