10 Gejala Orang Dengan Kolesterol Tinggi, Penyakit Yang Diam-Diam Menimbulkan Komplikasi

Gejala Orang Dengan Kolesterol Tinggi
Gejala Orang Dengan Kolesterol Tinggi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idKolesterol adalah lemak yang diproduksi tubuh secara alami. Kolesterol bisa berasal dari makanan hewani. Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, kolesterol membantu tubuh memproduksi hormon seks dan vitamin D serta menjalankan fungsi saraf dan otak. Namun, kadar kolesterol yang tinggi justru meningkatkan risiko penyakit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri penderita kolesterol tinggi sebelum menjadi fatal.

Kadar kolesterol yang tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti berat badan, usia dan konsumsi makanan tertentu. Kadar kolesterol tinggi menyebabkan komplikasi dari waktu ke waktu. Selain itu, kerusakan lain pada organ tubuh dapat terjadi, seperti penimbunan plak B. di pembuluh darah arteri. Akumulasi ini menyebabkan komplikasi lebih lanjut berupa stasis darah (aliran darah stagnan).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ciri-ciri Orang Kena Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala yang parah. Namun, hal-hal yang ternyata sepele justru menjadi indikasi tingginya kadar kolesterol. Berikut penjelasannya.

1. Kesemutan

Kerap dianggap sepele karena bisa ‘hilang’ sendiri, kesemutan terjadi pada kaki, tangan, dan bagian tubuh lainnya. Kesemutan menandakan adanya aliran darah yang tidak lancar di dalam tubuh. Saraf tubuh tidak mendapat pasokan darah secara optimal yang mungkin disebabkan tingginya kadar kolesterol.

2. Mudah Mengantuk

Kolesterol tinggi dapat menghambat aliran darah dan oksigen. Hal ini menyebabkan pengidapnya merasa ngantuk bahkan hampir setiap saat.

3. Xanthoma

Xanthoma adalah endapan kolesterol yang berada di bawah jaringan kulit. Jika mengalami xanthoma, seseorang biasanya memiliki noda kuning muda di ujung kelopak mata atau muncul benjolan kecil padat di lipatan tubuh seperti tumit, siku, atau lutut.

4. Nyeri Dada

Nyeri dada terjadi karena tingginya kadar kolesterol menimbulkan endapan berbahaya pada dinding arteri (aterosklerosis). Akibatnya, endapan tersebut mengurangi aliran darah arteri dan menyebabkan keluhan nyeri pada dada.

5. Kram

Kram biasanya terjadi di bagian tubuh seperti tumit, telapak kaki, dan lainnya akibat kolesterol tinggi. Kram akibat kolesterol biasanya terjadi pada malam hari saat terbangun dari tidur.

6. Nyeri di Kaki

Selain nyeri dada, nyeri pada kaki bisa jadi merupakan gejala kolesterol tinggi. Kondisi ini terjadi akibat tersumbatnya aliran di arteri, sehingga aliran darah ke kaki pun menjadi terhambat.

7. Pegal pada Tengkuk atau Pundak

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *