Humor Gus Dur: 2 Hal yang Membuatnya Dekat dengan Tionghoa

Hal yang Membuatnya Dekat dengan Tionghoa
Gus Dur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Presiden keempat Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur kerap menggunakan humor-humor segar. Humor dapat membuat Anda tertawa dan meringankan suasana hati Anda.

Ketika Gus Dur berkunjung ke mancanegara, sebagian besar penduduknya adalah keturunan Tionghoa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam buku ‘Tertawa Bersama Presiden Gus Dur’ karya Hermawan Sulistyo, negeri pertama yang dikunjungi Gus Dur sebagai Presiden RI saat itu adalah Singapura.

Sebagai presiden baru yang dikenal pluralis, ia menerima sambutan meriah. Seluruh ballroom Hotel Shangri-la Singapore dipenuhi undangan.

Selain para pejabat, mayoritas undangan terdiri atas para pengusaha dan wakil negara-negara lain yang memiliki kedutaan besar di negeri kota itu.

Membuka salam, Gus Dur mengucapkan ”Ni hou…” Tepuk tangan langsung terdengar dari ruangan yang dipenuhi tamu itu.

Setelah itu, Gus Dur berpidato dalam bahasa Inggris. Gus Dur mengaku tak bisa berbahasa China. Meski begitu, ia memiliki hubungan dengan China.

Dia menyatakan sang putri yakni Yenny Wahid adalah sinolog atau ahli China lulusan UI. Kemudian Gus Dur melanjutkan, salah seorang nenek moyangnya adalah migran China bermarga Tan yang datang ke Indonesia sekitar 500 tahun lalu.

Sontak saja, semua orang yang ada di dalam ballroom kembali bertepuk tangan.

Pernyataan Gus Dur itu menimbulkan kehebohan. Termasuk di keluarganya karena tidak ada catatan silsilah bahwa salah seorang nenek moyang Gus Dur berasal dari China.

Gus Dur pun menjawab kehebohan ini ketika berada di kamar hotel.

“Biarin saja, yang penting para pengusaha itu senang. Kalau penasaran, cari saja moyang saya 500 tahun yang lalu, kalau ketemu. .. hahaha,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, marga (she) Tan adalah salah satu orang China yang paling kaya, dengan jaringan paling luas di seluruh dunia.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *