7 Kebiasaan Yang Akan Membuat Otak Anda Cerdas dan Pintar Hingga Tua

Membuat Otak Anda Cerdas dan Pintar
Membuat Otak Anda Cerdas dan Pintar. Foto: membaca buku/unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kecerdasan manusia tidak bisa hanya dikendalikan oleh gen atau keturunan, namun sebagian besar harus disempurnakan melalui belajar keras dan cara-cara lain yang membantu dalam perkembangan kecerdasan otak. Jika Anda memiliki otak yang cerdas tetapi tidak pernah menggunakannya, percuma saja.

Tetapi kebiasaan atau fungsi apa yang dapat membentuk otak yang cerdas? Ternyata kebiasaan-kebiasaan inilah yang bisa membuat otak tetap cerdas dan pintar hingga dewasa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Membaca

ilustrasi baca buku

Seperti kalimat yang sudah sering kita tahu, ‘buku adalah jendela dunia’. Secara alami, membaca buku bukan hanya mampu menambah wawasan dan pengetahuan, tapi juga melatih otak untuk tetap aktif bekerja dan mengingat informasi yang belum pernah kita tahu. Dan orang cerdas selalu lebih banyak tahu tentang segala hal.

Tidak harus lunas membaca satu buku setiap hari, bahkan sekadar membaca satu lembar infografis saja sudah mampu memberi kita informasi tentang sesuatu. Baca juga artikel yang bukan hanya sepaham dengan sudut pandangmu, tapi juga yang bertolak belakang karena itu berpotensi memperluas pikiran dan perspektif kita.

2. Sering pertanyakan sesuatu dan cari jawabannya

ilustrasi perempuan cerdas pintar

Seperti anak kecil, kita harus mempertahankan rasa ingin tahu kita terhadap segala hal yang ada di sekitar kita, karena ada begitu banyak hal yang pasti tidak kita ketahui tentang segala sesuatu dunia ini. Setelah merasa ingin tahu, jangan hanya berhenti dengan pertanyaan di kepalamu, tapi follow up dengan mencari tahu jawabannya. Apalagi zaman sekarang mudah sekali mencari jawaban atas sebuah pertanyaan dengan gawai yang kita punya.

3. Berbagi ilmu atau pengetahuan baru

ilustrasi perempuan bahagia mencintai diri sendiri

Sama pentingnya dengan membaca buku, berbagi ilmu juga membuat otak lebih cerdas seiring berjalannya waktu, karena ilmu itu berkembang setiap waktu dan ilmu yang diamalkan akan membantu otak untuk diajak berlatih berpikir setiap hari. Dari satu hal yang kamu ketahui, akan timbul pertanyaan baru, dan kamu perlu mencari tahu. Akan timbul pertanyaan lain yang mengusikmu, kemudian kamu cari tahu lagi jawabannya, terutama jika orang-orang yang kamu bagi ilmu selalu mempertanyakan sesuatu, mau tidak mau itu juga akan membuatmu ikut belajar hal baru.

4. Main games daripada nonton TV

ilustrasi perempuan belajar

Main games itu bukan hanya seru tapi juga bisa melatih kecerdasan otak dibandingkan hanya duduk diam nonton TV. Ketika memainkan permainan, entah itu teka teki silang, mencocokkan gambar atau bahkan gim kekinian secara online, membantu otak berpikir cermat dan cerdik sehingga akan membantu melatih kecerdasan otak kanan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *