Apakah Alam Semesta Memiliki Ujung Akhir?

Alam Semesta Memiliki Ujung Akhir
Alam Semesta. Foto: unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idAlam semesta selalu menjadi misteri bagi para ilmuwan. Hingga saat ini, para ilmuwan hanya dapat mengidentifikasi objek di alam semesta dan segala kemungkinan lainnya. Tetapi bisakah para ilmuwan menjelaskan akhir dari alam semesta?

Para ilmuwan setuju bahwa alam semesta tidak memiliki akhir. Salah satu analogi yang sering digunakan para ilmuwan untuk menggambarkan alam semesta tanpa batas di permukaan sebuah balon.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jika seekor semut berada di permukaan balon, ia dapat berlari ke segala arah dan tampak memiliki permukaan yang tak terhingga. Dengan kata lain, seekor semut dapat kembali ke asalnya, tetapi perjalanannya belum berakhir.

Jadi walaupun luas permukaan balon adalah bilangan satuan persegi yang terhingga, tetap saja tidak ada ujungnya dan menjadi tak terhingga. Selain itu, permukaan bola balon tidak memiliki titik pusat untuk dipilih.

Alam Semesta Mengembang

Dikutip dari Live Science, para ilmuwan berpendapat bahwa alam semesta mengembang, dengan kecepatan yang terus meningkat.

Tapi bagaimana alam semesta bisa mengembang jika tidak ada ujungnya?

Menggunakan analogi balon lagi, jika seseorang menambahkan lebih banyak udara ke balon, semut akan mengamati benda lain di permukaan balon semakin jauh.

Kemudian semakin jauh jarak antara semut dan suatu benda, semakin cepat pula benda itu menjauh. Tetapi di mana pun semut bergerak, kecepatan benda-benda itu menjauh akan mengikuti hubungan yang sama.

Jika semut menemukan persamaan yang menggambarkan seberapa cepat benda terjauh menjauh, cara kerjanya akan sama di mana pun tempat di permukaan balon itu.

Menurut definisi, alam semesta mengandung segalanya, jadi tidak ada istilah luar alam semesta.

Ukuran Alam Semesta yang Bisa Dianalisa Manusia

Dr. Katie Mack, ahli astrofisika teoretis di University of Melbourne di Australia, mengatakan bahwa akan lebih berguna untuk berpikir bahwa alam semesta menjadi kurang padat, daripada mengembang.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *