Keutamaan dan Pahala Puasa Rajab Setara Dengan Ibadah 900 Tahun

Keutamaan dan Pahala Puasa Rajab
Keutamaan dan Pahala Puasa Rajab
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idBulan Rajab adalah bulan yang agung. Keutamaan dan pahala puasa Rajab juga telah dijelaskan dalam beberapa hadits Nabi SAW. Puasa Rajab juga membawa banyak manfaat.

Keistimewaan bulan Rajab bahkan disebutkan dalam Al Quran surat At-Taubah ayat 36

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Arab-Latin: Inna ‘iddatasy-syuhụri ‘indallāhiṡnā ‘asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba’atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa’lamū annallāha ma’al-muttaqīn

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

Menurut Sayyid Abu Bakar Syattha’ dalam kitab I’ânah at-Thâlibîn, kata Rajab sendiri diambil dari kata at-tarjîb yang berarti memuliakan, karena masyarakat Arab dulu lebih memuliakannya dibanding bulan lainnya.

Rajab juga memiliki nama dan sebutan lain yakni Al-Ashabb yang berarti mengucur, karena kebaikan dan keutamaan pada bulan ini mengucur deras. Kemudian juga Rajab disebut Al-‘Ashamm yang berarti tuli, karena pada bulan tersebut tidak terdengar suara senjata perang.

Juga dinamakan Rajam yang berarti melempari, karena pada bulan ini para musuh dan setan dilempari sehingga tidak bisa lagi mengganggu para wali Allah dan orang-orang shalih.

Keutamaan dan Pahala Melaksanakan Puasa Rajab

Puasa Rajab merupakan amalan sunnah yang memiliki sejumlah keutamaan. Melansir laman NU, Rabu (25/1/2023) Imam al-Ghazali dalam Ihyâ ‘Ulumiddîn (juz 3, h. 431) mengutip hadits yang menjelaskan keutamaan puasa Rajab yaitu:

1. Lebih utama daripada puasa di bulan lain

صوم يوم من شهر حرام أفضل من ثلاثين من غيره وصوم يوم من رمضان أفضل من ثلاثين من شهر حرام

Artinya: “Satu hari berpuasa pada bulan haram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), lebih utama dibanding berpuasa 30 hari pada bulan selainnya. Satu hari berpuasa pada bulan Ramadhan, lebih utama dibanding 30 hari berpuasa pada bulan haram.”

2. Mendapat ganjaran pahala ibadah 900 tahun

من صام ثلاثة أيام من شهر حرام الخميس والجمعة والسبت كتب الله له بكل يوم عبادة تسعمائة عام

Artinya: “Barang siapa berpuasa selama tiga hari dalam bulan haram, hari Jumat, dan Sabtu, maka Allah balas setiap satu harinya dengan pahala sebesar ibadah 900 tahun.”

3. Pahala puasa sehari setara puasa sebulan

Rasulullah SAW bersabda,

“Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan.” (HR At-Thabrani).

4. Mendapat pahala setara orang yang puasa 60 bulan

Dari Abu Hurairah (sahabat Nabi Muhammad SAW), Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.”

5. Dibalas dengan surga

Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut.”

Manfaat Puasa Sunnah Rajab

Puasa sunnah adalah puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW mengingat manfaat yang demikian besar darinya, yang dilaksanakan di luar bulan Ramadhan dan hari-hari yang dilarang (diharamkan) berpuasa.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *